PERANCANGAN WEBTOON SEBAGAI MEDIA KAMPANYE EDUKASI KEWASPADAAN TERHADAP BAHAYA LISTRIK

Joan Digo Abraham Yasan(1*), Dr. Andrian Dektisa H., S.SN., M.SI.(2), Mendy H. Malkisedek, S.SN., M.DS.(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Listrik merupakan sebuah sumber daya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern. Peralatan-peralatan yang menggunakan energi listrik memiliki berbagai macam fungsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga hingga hiburan. Walaupun ketergantungan manusia terhadap listrik cukup tinggi, pengelolaan listrik tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pengelolaan listrik yang tidak baik, bahkan sebuah kegagalan yang kecil saja sudah bisa mengakibatkan kerugian yang besar. Kecelakaan akibat pengelolaan listrik yang tidak baik terjadi dimana-mana. Meskipun berbahaya, masih banyak yang tidak mempedulikannya, khususnya anak-anak hingga remaja.

Keywords


Listrik, waspada, remaja, webtoon, mendidik

Full Text:

Untitled

References


Agung. (2012, July 4). Perilaku hemat Listrik di Kalangan remaja masih rendah. Universitas Gadjah Mada. Retrieved October 7, 2021, from https://www.ugm.ac.id/id/berita/4358-perilaku-hemat-listrik-di-kalangan-remaja-masih-rendah.

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

Andina, Y. (2020, April 4). Mengenal Apa Itu webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial. Kreativv. Retrieved November 4, 2021, from https://kreativv.com/apa-itu-webtoon/.

Jang, W., & Song, J. E. (2017). webtoon AS A NEW KOREAN WAVE IN THE PROCESS OF GLOCALIZATION. Kritika Kultura, (29).

Sihombing, R. A. (2019, December 11). Korslet charger HP, Rumah di Cimahi Hangus Terbakar. liputan6.com. Retrieved November 9, 2021, from https://www.liputan6.com/news/read/4131905/korslet-charger-hp-rumah-di-cimahi-hangus-terbakar.

Sun-jin, H., & Su-mi, L. (2012, April 9). webtoon, why so popular? The Dongguk Post. Retrieved November 24, 2021, from https://www.dgupost.com/news/articleView.html?idxno=1247.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.