ANALISIS PENTING CREATIVE BRIEF PADA INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS

Amelinda Kongky Salim(1*), Deddi Duto Hartanto(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat memaksa strategi pemasaran bertindak secara integrasi agar mencapai iklan yang efektif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mencapai iklan yang efektif dan menarik, langkah pertama yang perlu dilakukan oleh biro periklanan adalah membuat creative brief yang dikerjakan oleh strategic planner. Dengan sifat dasar creative brief yang menstimulus, dapat membantu seluruh tim yang bekerja memahami secara menyeluruh target audiens dan produk yang akan diiklankan. Selain itu, juga berfungsi untuk membuat pemahaman yang satu, spesifik, dan selaras.

Keywords


Integrated marketing communications; strategic planner; creative brief; konsumen

Full Text:

PDF

References


Estaswara, B. H. (2004). Think IMC! Efektivitas Komunikasi Untuk Meningkatkan Loyalitas Merek Dan Laba Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ibach, H. (2020). How To Write An Inspired Creative, 3rd Editon: A Creative’s Advise On The First Step Of The Creative Process (3. Ed). Juju Books

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Prentice Hall

Kotler, P., & Amstrog, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (8th ed.). Jakarta: Erlangga

Redcomm. (September, 22). Ini Dia Panduan Creative Brief Untuk Kampanye Digital. Retrieved April 28, 2022 https://redcomm.co.id/knowledges/ini-dia-panduan-creative-brief-untuk-kampanye-di-digital?readmore=true

Robertson, G. Dissecting The Good and Bad of The Creative Brief, Line By Line. Retrieved June 5, 2022 https://beloved-brands.com/creative-brief-line-by-line/

Sorrention, M. (2014). Creative advertising: An Introduction. London Laurence King Publishing Ltd

Steel, J. (1998). Truth, Lies, and AdvertisingL The Art of Account Planning. John Wiley & Sons, Inc

Wells, W., Burnett, J., & Moriarty, S. (2003). Advertising Principles & Practice (6th ed.). Perarson Education, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.