PENGEMBANGAN MEDIA KREATIF PEMBELAJARAN NONFORMAL UNTUK ANAK DISLEKSIA DAN PEMBEKALAN PEMBINA YPTC PELAYANAN KASIH SURABAYA

Early Eunike Devania, Heru Dwi Waluyanto, Merry Sylvia

Abstract


YPTC Pelayanan Kasih adalah sebuah yayasan panti asuhan Surabaya yang terdapat anak berkebutuhan khusus yaitu disleksia. Anak disleksia cenderung memiliki kesulitan dalam membaca dan menulis, sehingga memerlukan penanganan yang tepat agar tetap bisa menjalankan proses belajar yang efektif. Cara kerja otak anak disleksia dalam memahami sebuah konsep, berbeda dengan anak normal pada umumnya. Pembina panti asuhan YPTC Pelayanan Kasih belum cukup menguasai bekal secara khusus dalam cara belajar dan penanganan anak disleksia. Sehingga memerlukan sebuah pendekatan melalui media kreatif pembelajaran nonformal untuk anak disleksia dengan metode multisensori dan pembekalan khusus untuk para pembina oleh seorang ahli terapis sebagai narasumber. Metode yang dilakukan menggunakan kualitatif yaitu proses observasi di lapangan, wawancara dan sumber dari buku maupun jurnal untuk memperkuat teori dan referensi metode pembelajaran. Melalui pengembangan media dan pembekalan dapat menjadi salah satu cara bagi masyarakat lain seperti pengurus panti asuhan lain dan para orangtua yang juga memiliki permasalahan dalam penanganan anak disleksia.


Keywords


Anak disleksia; media kreatif belajar; pembelajaran nonformal; multisensori; pembekalan metode penanganan

Full Text:

PDF

References


Hermijanto, O, B & Valentina, V (2016). Disleksia bukan bodoh, bukan malas, tetapi berbakat!.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018, December). Pedoman penyelenggaraan anak usia dini inklusif [PDF].PAUDPEDIA: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/Tampilan_Pedoman_Penyelenggaraan_okbgt_FA.pdf

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2017). Peraturan menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak republik Indonesia nomor 4 tahun 2017 tentang perlindungan khusus bagi anak penyandang disabilitas.

Peduli Kasih ABK (2018). Memilih sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. https://www.ypedulikasihabk.org/2018/08/30/memilih-sekolah-bagi-anak-berkebutuhan-khusus/

Syarifudin (2019). Pendidikan inklusi untuk anak berkebutuhan khusus. https://www.stai-tbh.ac.id/2019/12/03/pendidikan-inklusi-untuk-anak-berkebutuhan-khusus/

“Tips Mengajarkan Membaca melalui Lagu Fonetik Bahasa Indonesia.” Youtube, uploaded by Link Study Center, 18 September 2017, https://youtu.be/Tp68J0Lg8_s

Twinky, A & Ika, L. “Belajar Membaca untuk Anak Disleksia: Praktek dan Pertanyaan”. Pelatihan Disleksia, SEBAYA, 13 April 2022, Sidoarjo.

Widyastuti, A. (2019). 77 Permasalahan anak dan cara mengatasinya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.