PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL ANTI KEKERASAN PADA MONYET

Jason Putra Yugiarto(1*), Anang Tri Wahyudi(2), Yusuf Hendra Yulianto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kekerasan pada monyet menjadi salah satu permasalahan yang terjadi hingga masa sekarang. Kekerasan pada monyet terjadi karena adanya keinginan manusia untuk melakukan eksploitasi pada monyet, baik dalam bentuk perdagangan, pembunuhan dan bentuk kekerasan lainnya. Adapun rendahnya rasa kesadaran diri yang dimiliki oleh manusia, menyebabkan aksi kekerasan pada monyet dapat terjadi secara terus-menerus. Aksi kekerasan pada monyet merupakan hal yang bersifat kompleks, maka digunakan metode perancangan yang menggunakan cara pandang kualitatif, dan metode penelitian dengan pengumpulan data primer dan sekunder serta analisis data. Metode analisis data menggunakan metode 5W+1H dimana dilakukan analisis terhadap keadaan yang terjadi pada masa sekarang mengenai kekerasan pada monyet, serta akan dilakukan analisis sesuai dengan data yang telah ada, dengan tujuan untuk mencoba memposisikan diri sebagai target perancangan, sehingga bisa memperoleh penggambaran mengenai pemikiran dari masyarakat terhadap monyet. Melalui kampanye sosial yang telah dijalankan, dapat dilihat, bahwa kampanye sosial ini menghasilkan dampak bagi masyarakat, dimana masyarakat mau memberikan tanggapan dan interaksi pada konten feeds yang disusun di media sosial, dan hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mau membuka hati serta memiliki kepedulian mengenai aksi kekerasan terhadap monyet yang terjadi.

Keywords


Kampanye sosial; digital imaging; kekerasan pada monyet; edukasi; empati

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Dra Ediasri T. Atmodiwirjo. (1983).Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Ticthener,Edward B. Experimental psychology. (1996). New York : MacMillan Company

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Penyiksaan Topeng Monyet, dari Dipukuli hingga Digantung. (2013, October 25).detiknews.https://news.detik.com/berita/d-2395530/-penyiksaan-topeng-monyet-dari-dipukuli-hingga-digantung-

Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Ascione, FR. (1990) The abuse of animal and human interpersonal violence : Making the connection. Child abuse domestic violence, and animal abuse : Linking the circles of compassion for prevention and intervention. IN: Purdue University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.