ANALISIS PERANCANGAN KEMASAN PRODUK “COOKED BY YUNA” SEBAGAI MAKANAN KHAS SULAWESI

Jennifer Leony(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Vanessa Yusuf(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Cooked By Yuna menjual makanan tradisional berciri khas Sulawesi, dijual di kota Surabaya. Makanan Khas Sulawesi yang dijual adalah “Bubur Manado” dan “Sop Saudara”, kedua makanan ini merupakan makanan yang terkenal di daerah Sulawesi. Yuna membuka usaha makanan ini karena kebutuhan ekonomi dan juga ingin memperkenalkan makanan khas Sulawesi secara perlahan. Tujuan perancangan ini dilakukan agar kemasan yang direalisasikan bisa lebih sesuai dengan ciri khas makanan Sulawesi. Metode perancangan ini melalui data primer, data sekunder, metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif, dan alat pengumpulan data.Permasalahan yang terjadi adalah karena kemasan yang sekarang direalisasikan hanya memakai kotak plastic transparan saja, dan stiker label nama berukuran kecil dengan logo dan notes untuk menulis nama makanan. Maka dari itu dibutuhkan pembaharuan kemasan agar lebih inovatif dan produk ini mempunyai ciri khas Sulawesi. Kemasan inovatif yang direalisasikan merupakan slide box menggunakan konsep ‘rantang’ dengan penempatan kotak yang terbagi menjadi dua yaitu kotak bagian atas untuk berisi peralatan, dan kotak bagian bawah berisi makanan.


Keywords


Kemasan;Sulawesi;Makanan

Full Text:

PDF

References


Sarapan Sehat dan Nikmat, Resep Bubur Manado Tinutuan. (2020, July 21). Kompas.com. Retrieved June 24, 2022, from https://www.kompas.com/food/read/2020/07/21/071100475/sarapan-sehat-dan-nikmat-resep-bubur-manado-tinutuan

Makanan Khas Makassar, Tidak Cuma Coto dan Jalangkote Halaman all. (2020, October 27). Kompas.com. Retrieved June 24, 2022, from https://www.kompas.com/food/read/2020/10/27/203952175/16-makanan-khas-makassar-tidak-cuma-coto-dan-jalangkote?page=all

reasons why packaging is important. (2020, January 27). 4circularity. Retrieved June 24, 2022, from https://4circularity.com/5-reasons-why-packaging-is-important/

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Julianti, E., & Nurminah, M. (2006). Teknologi Pengemasan. Buku Ajar. (Dissertation, Universitas Sumatera Utara)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.