Analisis Penerapan Teori Model AISAS Pada Praktek Pembuatan Campaign Imlek 2022 BCA

Fidela Valencia Ong(1*), Deddi Duto Hartanto(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perusahaan industri kreatif yang bergerak dalam layanan jasa mengiklankan produk, jasa, atau gagasan kepada audiens perlu untuk memahami strategi yang efektif demi menjamin keberhasilan dari iklan yang dibuat. Adapun strategi yang menjadi fokus dalam penulisan ini adalah strategi memahami pola perilaku konsumen model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share) yang diciptakan oleh Dentsu, agensi periklanan di Jepang, pada tahun 2005. Penulis berkesempatan untuk memperhatikan secara langsung bagaimana proses pembuatan sebuah campaign Imlek 2022 untuk brand BCA. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasilnya adalah campaign Imlek 2022 BCA dibuat dengan tidak menerapkan teori model AISAS secara langsung, namun hasilnya tetap memenuhi nilai-nilai yang terkandung pada setiap tahapan model AISAS.

Keywords


campaign;media;konsumen;AISAS

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Yoni. (2019, 6 Maret). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Retrieved November 20, 2022, from:

https://www.dkjn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-

Kualitatif.html

Pratiwi, Nadya. (2018, 25 September).Perkembangan Komunikasi. Retrieved Mei 5, 2022, from:

https://kumparan.com/nadya-pratiwi1532007110920/perkembangan-komunikasi-1537878831865757233

Shaw, M. (2012). Copywriting: Successful Writing for Design, Advertising, and Marketing. London, UK: Laurence King Publishing Ltd.

Saladin, Djaslim. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Linda Karya, Bandung.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the Worlds Most Innovative Advertising Agency. New York, NY: McGraw Hill


Refbacks

  • There are currently no refbacks.