PERANCANGAN CUTSCENE SKILL ANIMASI 2D TERHADAP GAME HEAVEN X-PURGATOR SQUAD DENGAN TEKNIK RIGGING

Jericho Jericho(1*), Daniel Kurniawan Salamoon(2), Julio Andryanto(3),


(1) UK. PETRA
(2) UK. PETRA
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri game development saat ini merupakan sebuah bidang kreatif dengan tingkat potensial yang semakin tinggi semenjak pandemik Covid-19. Video game menjadi media hiburan yang banyak digemari oleh hampir di setiap kalangan masyarakat. Fenomena tersebut menjadi kesempatan emas bagi industri game lokal untuk merancang video game dengan dukungan dari program internship. Program tersebut dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dengan adanya sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang game development, khususnya animasi 2D.

Perancangan ini dilakukan untuk memenuhi Minimum Viable Product untuk sebuah proyek internship bernama Heaven X-Purgator Squad di perusahaan Dreams Studio, yaitu perancangan animasi 2D. Game ini merupakan permainan bergenre endless runner yang mengkombinasikan 2D untuk animasi karakter dan 3D untuk bagian environment. Sebagai salah satu 2D Artist di dalam tim proyek, penulis merancang beberapa animasi 2D berupa cutscene untuk animasi skill yang dimiliki karakter dengan menggunakan teknik 2D rigging. Perancangan animasi ini bertujuan secara khusus untuk menunjang sisi gameplay dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle.


Keywords


game development; animasi 2D; 2D rigging

Full Text:

PDF

References


Lehtonen, J. (2016). From 2D-sprite to skeletal animations [Turku University of Applied Sciences]. https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/113773/Lehtonen_Jenni.pdf?sequence=1

Ries, E. (2015, April 7). The minimum viable product—A primer. https://medium.com/galleys/the-minimum-viable-product-a-primer-3d9a76dd5213

Rostanti, Q. (2020). Industri gaming berkembang pesat di tengah pandemi Covid-19. Republika. https://republika.co.id/share/qcs0du425

Schell, J. (2019). The art of game design: A book of lenses (Third edition). Taylor & Francis Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.