ANALISIS DESAIN KONTEN BRAND MEDIA SOSIAL DI BEBE STUDIO BERDASARKAN HIERARKI KEBUTUHAN DESAIN

Devina Rosalind Hadinoto(1*), Anang Tri Wahyudi(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Di zaman dimana ketergantungan terhadap sosial media tinggi, sosial media tidak hanya berfungsi sebagai platform interaktif bagi seorang individu atau kelompok untuk keperluan komunikasi saja namun untuk tujuan bisnis juga. Budaya marketing dan bisnis yang berkembang ini memberi pemahaman bahwa untuk meningkatkan nilai dan penjualan sebuah perusahaan, konten dan branding perusahaan itu sangat bergantung pada desain dan visual. Untuk menampilkan image brand, konten media, jasa/produknya, sebuah bisnis harus menggunakan desain komunikasi visual. Analisis ini dibuat untuk membantu perusahaan bisnis mengkomunikasikan keinginan dan image brandnya lewat desain konten yang memenuhi hierarki kebutuhan desain. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada proses kreatif brand sosial media, desain konten brand, dan bagaimana desain konten sebuah brand sosial media memenuhi hierarki kebutuhan desain. Melalui analisis ini disimpulkan bahwa perubahan arah pergerakan bisnis tergantung pada implentasi desain konten yang didasarkan pada hierarki kebutuhan desain.


Keywords


Konten Brand; Desain Komunikasi Visual; Sosial Media; Era Digital

Full Text:

PDF

References


Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Business Horizons: Social media? Get serious! Understanding

the functional building blocks of social media (3rd ed., Vol. 54). https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.005

Lidwell, W., Holden, K., & Butler, J. (n.d.). 125 Ways to enhance usability, influence perception, increase appeal, make better design decisions, and teach through design. Universal Principles of Design, 271. https://www.academia.edu/34494159/Universal_Principles_Of_Design

Maharsi, I. (2016) Ilustrasi. Dwi-Qauntum.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remadja Karya.

Nurhayati-Wolff, H. (2021, August 16). Social media in Indonesia - statistics & facts. Statista. https://www.statista.com/topics/8306/social-

media-in-indonesia/#topicHeader__wrapper

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. 1(83), 5-

Simangunsong, E., & Handoko, R. (2021). The Role of Social Media in Indonesia for Business. The Role of Social Media in Indonesia for Business Transformation Strategy, 14(3), 14. doi.org/10.21632/irjbs

Soffid. (2021). Reliance on technology is growing. Soffid. https://soffid.com/reliance-on-technology-is-growing/

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.