ANALISIS PROSES DESAIN DI TEMPAT MAGANG DAN DI KULIAH DENGAN MENGGUNAKAN TEORI DESIGN THINKING

JUAN ERIC CHRISTIAN(1*), LISTIA NATADJAJA(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Design Thinking merupakan proses dimana seorang desainer melakukan analisa permasalahan, menuang ide-ide, lalu bereksperimen dengan ide yang didapat oleh desainer, hingga proses uji coba dan sampai ke final. Di dalam design thinking itu sendiri terdapat lima tahapan yang harus dilakukan oleh seorang desainer agar bisa mengetahui keinginan dari konsumennya, liha tahapan tersebut yaitu, empathize, define, ideate, prototype, dan test. Lima hal ini berguna agar seorang desainer dapat dengan mudah mengetahui masalah yang ada dan menemukan solusi dari masalah tersebut. Teori design thinking ini digunakan di dalam setiap proses desain, mulai dari di tempat belajar atau kuliah hingga di tempat kerja atau di dunia profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan proses pembuatan desain di tempat magang dan di kuliah dengan penerapan design thinking apakah perbedaan tersebut berdampak bagi karya-karya yang akan di sajikan. Analisis ini menggunakan menggunakan pendataan deskriptif kualitatif dengan metode komparasi yang berdasarkan pengalaman penulis, dan analisis penulis. Hasil analisis ini menunjukan bahwa teori design thinking ini sangat diperlukan dan dibutuhkan guna mempercepat pencarian masalah dan solusi ide dari masalah tersebut. Selain itu design thinking juga berpengaruh pada hasil desain yang dibuat untuk target audience, apakah desain yang sudah dibuat sesuai dengan keinginan konsumen.


Keywords


Metode Design Thinking; Proses Pembuatan Desain; Tahapan Design Thinking

Full Text:

PDF

References


Bogdan R, Taylor S. (1975). Introducing to qualitative methods: Phenomenological. New York: A Wiley Interscience Publication.

Brown, T. (2008). Design Thinking. Havard Business Review

Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to Design Thinking. Institute of Design Thinking at Stanford. Diakses dari : https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/design-thinking-2/

Lazuardi, M.L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelly & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1-11.

Nazir (2005, 8). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia

Yulius, Y., & Pratama, Edo. (2021). Metode Design Thinking dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Jurnal Besaung Universitas Indo Global Mandiri. DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720


Refbacks

  • There are currently no refbacks.