ANALIS PROSES PRODUKSI ANIMATED EXPLAINER VIDEO SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PROMOSI DIGITAL

AUDREY AUDREY(1*), ARISTARCHUS PRANAYAMA KUNTJARA(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Memasuki era digital yang semakin berkembang, beberapa industri juga turut berkembang seiring dengan kemajuan teknologi di Indonesia. Salah satunya, industri kreatif yang semakin dituntut untuk dapat meningkatkan dan melakukan inovasi. Tak terkecuali pada bidang animasi. Saat ini, dibantu dengan kemajuanteknologi, animasi bahkan dapat digunakan sebagai media promosi suatu produk dan layanan. Terlebih dengan semakin banyak ragam gaya dan model animasi yang dapat di eksplor dan digunakan. Di saat pandemi, beberapa brand bahkan menggunakan animasi sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk dan layanannya. Namun dibalik sebuah video animasi yang menarik tersebut, ada serangkaian sistem kerja di dalamnya. Termasuk individu – individu yang berperan penting dalam melakukan setiap perannya. Penelitian ini dituliskan dengan tujuan untuk menganalisis animated explainer video sebagai sebuah media promosi digital. Termasuk di dalamnya sistem kerja, proses produksi dan mengkomparasi dengan teori yang didapat melalui perkuliahan.

Keywords


Animasi; ilustrasi; motion graphic; media promosi digital

Full Text:

PDF

References


Curran, S. (2001). Motion graphics: Graphic design

for broadcast and film. Rockport.

ECAbrams. (2020, July 1). The Role of Audio in

Motion Design.

https://www.youtube.com/watch?v=JkqxbUr

xHCM

KBBI Daring. (2016a). Animasi. KBBI Daring.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/animasi

KBBI Daring. (2016b). Ilustrasi. KBBI Daring.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ilustrasi

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A.,

Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D.,

Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A.,

Boru, M. J., Rodriques, E. I. S., Prasetyo, T.

B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi

penelitian kuantitatif, kualitatif, dan

penelitian tindakan kelas dalam pendidikan

olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan:

(Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &

D). Alfabeta.

Thomas, F., & Johnston, O. (1995). The illusion of

life: Disney animation (Rev. ed.). Disney

Editions.

Troncoso, D. J. (2021). 17 Best illustration tools in

(Free & paid). MarketSplash.

https://marketsplash.com/illustration-tools/

Wright, J. (2005). Animation writing and

development: From screen development to

pitch. Focal Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.