PENGEMBANGAN KREATIVITAS DESAINER MELALUI APLIKASI GRAFIS DALAM PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Aurella Irvanti Widyana(1*), Heru Dwi Waluyanto(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain grafis merupakan salah satu dari sebuah ilmu terapan yang memiliki tujuan untuk memberikan pesan, informasi, ide, konsep, dan ajakan dalam bentuk visual kepada masyarakat. Desain grafis juga memiliki banyak elemen seperti membuat tipografi, ilustrasi, dan layout. Seorang desainer grafis juga membutuhkan aplikasi sebagai tempat atau wadah untuk membuat sebuah desain. Dengan semakin berkembangnya zaman semakin banyak juga sebuah aplikasi yang bisa digunakan, aplikasi yang biasa digunakan oleh para desainer grafis adalah Adobe Illustrator, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan After Effect, namun sekarang sudah ada beberapa aplikasi lainnya seperti Canva, VN, dan Animaker. Jadi seorang desainer grafis dibutuhkan untuk lebih peka terhadap kreatifitasnya, dan juga lebih paham lagi tentang update dari dunia desain grafis. Selain itu ada juga periklanan merupakan bentuk dari kegiatan dari komunikasi non personal yang ditampilkan dalam sebuah media. Yang bertujuan untuk mengajak atau memberi informasi kepada masyarakat, media sosial yang digunakan juga memiliki banyak jenisnya. Media sosial juga berperan penting dalam periklanan yang dapat menjadi sarana interaksi yang cepat kepada masyarakat. Dengan begitu promosi akan menjadi lebih mudah untuk mempasarkan sebuah barang atau jasa yang akan diiklankan, sifat dari promosi adalah membujuk atau meyakinkan masyarakat untuk sebuah produk atau jasa kepala masyarakat.


Keywords


desain grafis; aplikasi; periklanan; media sosial; promosi

Full Text:

PDF

References


Enterprise, J. (2018). Desain Grafis Komplet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: ANDI.

Sihombing, D. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2008). Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sitepu, V. (2004). Panduan Mengenal Desain Grafis. Bogor: Escaeva.

Maharsi, I. Ilustrasi Adalah. Dwi-Quantum. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=AH58DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=ilustrasi+adalah&ots=-ao-eoQrfv&sig=udutEqzSswrKaLFxHsu2QtB4A_c&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Abdillah, F., Adhiguna, D., Sevtiana, A. (2017, May 1). Perancangan Video Profil Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lun ak Komputer Graphic. 7(1), 74-85. Retrieved from http://jurnaldigit.org/index.php/DIGIT/article/view/17/18#.

Puspitarini, S. D., Nuraeni, R. (2019, June). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. 3(1), 1-10. Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307.

Djuwita, P. 2009. Penelitian Komparatif. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/8043/1/kausal%20komparatif.pdf.

Abdillah, F., Adhiguna, D., Sevtiana, A. (2017, May 1). Perancangan Video Profil Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. 7(1), 74-85. Retrieved from http://jurnaldigit.org/index.php/DIGIT/article/view/17/18#.

Anwar, F. (2017, April 1). Perubahan Dan Permasalahan Media Sosial. 1(1), 137-144. Retrieved from 343-845-1-SM.pdf

Swandawidharma, YE, (2015). Retrieved from https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1906/5/BAB%20III.pdf.

Sekarningrum. A. (2021, November 1). CorelDraw adalah: fungsi, fitur, harga beserta kelebihan dan kekurangannya. Retrieved from https://www.ekrut.com/media/coreldraw-adalah.

Halamantutor. (2019, July 18). Cara menggunakan Corel Draw untuk pemula pasti langsung bisa. Retrieved from https://www.halamantutor.xyz/2019/07/cara-menggunakan-corel-draw.html.

Hidayati, K. F, (2022, February 8). Adobe Illustrator: apa itu, fitur unggulan, dan harga berlangganan. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/adobe-illustrator-adalah/#.YpUJv6hBxPY.

Azkiya, G. (2021, June 25). Fungsi Tools Adobe Illustrator Untuk Graphic Desiger Pemula. Retrieved from https://blog.skillacademy.com/tools-adobe-illustrator.

Setiyanigsih, Y. (2022, May 7). Pengertian Adobe Photoshop beserta sejarah, fungsi, tools, dst. Retrieved from https://dianisa.com/pengertian-adobe-photoshop/.

Aliya, H. (2021, January 21). Pelajari Apa Itu Adobe After Effect dan Segudang Fitur Menariknya. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/adobe-after-effects-adalah/#.YpUlk6hBxPY.

Maymunah. (2021, July 23). Viral Marketing: Pengertian, Kelebihan, Contoh, dan Strategi. Retrieved from https://makinrajin.com/blog/viral-marketing/#Fitur_Canva.

Anurag. (2021, July 7). Animaker Inc: Perangkat Lunak Animasi Terbaik untuk Pemula. Retrieved from https://www.newgenapps.com/id/blog/animaker-inc-software-animasi-terbaik-untuk-pemula/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.