PROGRAM COMMUNITY ENGAGEMENT PENGEMBANGAN MOTIF BATIK LASEM SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAWASAN BATIK LASEM

ALKA MAULA HARIYANTO(1*), DEDDI DUTO HARTANTO(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengrajin batik Lasem mengalami penurunan penjualan karena terdampak oleh pandemi. Hal ini disebabkan karena para distributor dan reseller yang umumnya membeli batik dari pengrajin-pengrajin tersebut, mengurangi jumlah pembelian kain batik. Ditambah lagi, di tengah turunnya permintaan kain batik, para pengrajin ini juga harus bersaing dengan satu sama lain dalam menjual batik mereka. Hal tersebut mendorong diciptakannya program untuk membantu memberdayakan pengrajin batik Lasem melalui pengembangan motif. Dengan melakukan pengembangan motif, pengrajin dapat memiliki ciri khas pada kain yang dia buat. Pengembangan motif dilakukan tanpa meninggalkan ciri khas batik Lasem sendiri. Dengan melakukan program ini, pengrajin memiliki positioning yang kuat dan tidak perlu lagi terpaku pada persaingan lama dengan pengrajin lain seperti persaingan harga atau kerapian kain.

Keywords


batik; lasem; pengembangan motif

Full Text:

PDF

References


Fleischmann-Heck, I., Smend, R. G., Wronska-Friend, M., & Harper, D. J. (2006). Batik: 75 Selected Masterpieces: The Rudolf G. Smend Collection. Tuttle Publishing.

Ishwara, H., Yahya, L. R. S., & Moeis, X. (2011). Batik Pesisir Pusaka Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Kamzah. (1858). Raden Panji Carita Lasem.

Liong, K. H. (2006). Revitalisasi Budaya dan Usaha Kecil Batik Lasem. http://www.unisbank.

ac.id/ojs/index.php/pdk1/article/download/ 1720/

Maulany, N. N., & Masruroh, N. N. (2017). Kebangkitan industri batik Lasem di awal abad XXI. Patrawidya, 18(1), 1-12.

Nava, Nadia. (1991). Il batik: come tingere e decorare i tessuti diegnando con la cera. Ulisse.

Nurul Hidayati Septyana. (2012). Sejarah Perkembangan Klenteng Gie Yong Bio di Lasem dan Pengaruhnya Masyarakat 1967-1998, Journal of Indonesian History, 1(2), 100-109.

Toko jamumoroseneng. Batik Tulis Lasem Kawung Baganan. (n.d). Shopee https://shopee.co.id/Batik-Tulis-Lasem-Kawung-Baganan-i.89875057.6733585576

Rahma, Athika. Terhantam Pandemi Corona Covid-19, Pendapatan Pengusaha Batik Lasem Anjlok 70 Persen.(Desember 2, 2020). Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4423580/terhantam-pandemi-corona-covid-19-pendapatan-pengusaha-batik-lasem-anjlok-70-persen

Sanyoto. (2009). Sebuah Epos Puputan Cina Lasem. Mimbar Rakyat. XV, 6-7.

Unjiya, M. Akrom. (2008). Lasem Negeri Dampo Awang yang Terlupakan. Lasem: Eja Publisher.

Wibisono, P. (n.d). Kondisi Batik Lasem Jawa Tengah suatu tinjauan tentang budaya daerah Jawa. Museum Tekstil, Pemda DKI Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.