LEAP COMMUNITY ENGAGEMENT PEMANFAATAN IMPERFECT FRUITS MENJADI COLD PRESSED JUICE SEBAGAI PEMBERDAYAAN “KAMPUNG KUE RUNGKUT” SURABAYA

VIANITA IKWAN(1*), MERRY SYLVIA(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara kedua dengan sampah makanan terbesar setelah Saudi Arabia. Faktanya, 20-40% bahan makanan di Indonesia terbuang bahkan sebelum sampai ke toko. Tidak jarang juga para petani membiarkan hasil panennya membusuk karena takut mengalami kerugian. Biasanya toko/supermarket memiliki standar tertentu mengenai penampilan bahan makanan yang akan dijualnya. Padahal memiliki penampilan yang jelek bukan berarti memiliki kualitas yang jelek juga. Selain itu, di masa pandemi banyak anjuran untuk menerapkan pola hidup sehat yang dimana buah-buahan dan sayur-sayuran ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Maka dari itu, muncullah inisiatif untuk memanfaatkan imperfect produce untuk diolah menjadi cold pressed juice yang kiranya akan lebih menarik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Proses perancangan produk ini menggunakan metode analisis kualitatif berupa observasi dan wawancara, diikuti dengan riset pada target audiens. Hasil dari penelitian ini adalah produk cold pressed juice yang menggunakan imperfect produce sebagai bahan utama dengan tujuan mengurangi sampah makanan. Proses persiapan produk hingga penjualan tidak lepas dari campur tangan warga UMKM Kampung Kue. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Kampung Kue Rungkut yang sempat mengalami penurunan dalam proses penjualan akibat pandemi.


Keywords


imperfect produce;cold pressed juice;sampah makanan

Full Text:

PDF

References


Utami, S. F. (2019). Apa Perbedaan Food Loss dan Food Waste? Retrieved from https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/perbedaan-food-loss-dan-food-waste/

Hasibuan, L. S. (2019, Maret 17). Teknologi Digital Demi Makmurkan Petani Pinggiran Jakarta. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20190317155408-25-61100/teknologi-digital-demi-makmurkan-petani-pinggiran-jakarta

Haryanti, D. M., & Hidayah, I. (2018, Juli 24). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. Retrieved from https://intisari.grid.id/read/032335095/panen-nutrisi-dan-rezeki-dari-buah-dan-sayur-j elek-kurangi-food-loss?page=all

Tumiwa-Bachrens, Inge. Eating Clean: 20 Langkah Mudah Membiasakan Makan Sehat. Jakarta: Kawan Pustaka, 2016. Print.

Swasty, Wirani. Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016. Print.

Klimchuk, Marianne Rosner, & Sandra A. Krasovec. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga, 2007. Print.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.