ANALISA KOMPARASI BRAND AUTODESK DAN BRAND BOUTIQUE FAIRS SINGAPORE DENGAN PENERAPAN TEORI BRAND IDENTITY

SONIA ADRIANA SAVERO(1*), CINDY MULJOSUMARTO -(2), ANI WIJAYANTI -(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa ini mengkomparasikan baik brand Autodesk maupun brand Boutique Fairs Singapore dengan teori identitas brand. Kedua brand tersebut masing-masing ditinjau dan ditelaah berdasarkan identitas masing-masing untuk menganalisa apakah penerapan identitas yang ditampilkan kepada publik khususnya dalam segi visual, sudah konsisten dengan branding mereka. Konsistensi dalam hal visual dapat dipengaruhi oleh subyektifitas maupun obyektifitas dalam pengerjaan desain. Untuk itu, kedua brand ini ditinjau melalui brand guidelines masing-masing brand dan menurut teori identitas brand. Analisa komparasi ini juga bertujuan untuk memberi solusi dalam mengatasi terjadinya subyektifitas saat mengerjakan desain yang seharusnya dilakukan dengan obyektif agar dapat mempertahankan konsistensi brand. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif berdasarkan pengalaman penulis saat menjalani proses wajib magang selama 8 (delapan) bulan. Hasil dari penelitian ini adalah brand Autodesk maupun brand Boutique Fairs Singapore mampu mempertahankan konsistensi  dalam identitas brand di mata target audiens apabila berpedoman pada teori identitas brand, yang mana tetap dapat bersifat eksploratif dalam segi visual selama hal tersebut masih mencerminkan identitas yang telah ditetapkan dan tidak menimbulkan ambiguitas pada target audiens.

Keywords


identitas brand; panduan brand; obyektifitas dan subyektifitas desain; konsistensi brand; desain komunikasi visual

Full Text:

PDF

References


Bell,A. WGSN Insight: Future Consumer 2022.

Davis, M. (2009). The Fundamentals of Branding. (1st ed.). London, UK: AVA Publishing.

De Chernatony, L., McDonald, M. & Wallace, E. (2011). Creating Powerful Brands. (4th ed.). Oxford, United Kingdom: Butterworth-Heinemann.

Keller, A., Renée, M. & Wallace, D. (2016). The Physics of Brand: Understand the Forces Behind Brands That Matter. New York, United states: HOW Books.

Mark, M., Pearson, C. (2001). The Hero and the Outlaw: Building Extraordinary Brands Through the Power of Archetypes. (1st ed.). United States: McGraw-Hill Education

Rammile, N. (2015). The Influence of Brand Value, Brand Trust and Brand Attitude on Brand Attachment in Ideas in Marketing: Finding the New and Polishing the Old (p.43-46). Springer International Publishing.

Slade, C. (2016). Creating a Brand Identity: A Guide for Designers. London: Laurence King Publishing Ltd.

Tiber, K. (2016). The Brand Mapping Strategy. Irvine, United States: Entrepreneur Media, Inc.

Wheeler, A. (2013). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. (4th ed.). Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.