PERANCANGAN DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI KECANTIKAN

Princesa Yesenia Hansudoh(1*), Listia Natadjaja(2), Daniel Kurniawan Salamoon(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan masyarakat untuk mengunggah dan mencari informasi salah satunya kecantikan. Perkembangan remaja yang ingin mencoba hal baru tentang kecantikan membuat remaja menyerap semua informasi tanpa disaring dahulu. Sedangkan informasi yang beredar di media sosial tidak semuanya benar dan valid. Menanggapi problem ini, maka media instagram dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi tentang kecantikan yang valid dengan visual yang menarik dan bahasa yang kasual sehingga cocok untuk remaja. Dengan adanya konten ini, diharapkan dapat menjadi media utama remaja untuk mencari informasi kecantikan dan membantu remaja untuk lebih mengenal dan mengetahui tentang kecantikan. 

Keywords


remaja; konten; kecantikan; informasi; media; instagram

Full Text:

PDF

References


Carr, Caleb T., & Hayes, Rebecca A. (2015). Social Media: Definin, Developing, and Divning. Atlantic Journal of Communication.

Dewanti, Titania. (2019). Retrivied from https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4764426/female-daily-network-jadi-wadah-bagi-brand-lokal-kecantikan-surabaya

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005) Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta.

Fajriati, Nuri. (2019). Pemakai Kosmetik makin Muda, Ajarkan Pilih Produk Tepat Sejak Dini. Retrivied from: https://www.femina.co.id/beauty-trend/pemakai-kosmetik-makinmuda-ajarkan-pilih-produk-tepat-sejak-dini

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Rustan, Surianto (2009). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rostaanti, Qommarria. (2021). Retrivied from https://www.republika.co.id/berita/qq43s5425/produk-kecantikan-lokal-makindiminati-konsumen

Supriyono, Rachmat. (2010). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta. Andi

Sofia, A. Adiyanti, M.G. (2013). Hubungan Pola Asuh Otoritatif Orang Tua dan Konformitas

Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral. Retrivied from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/j pp/article/download/7760/pdf_6.

Uinsby. n.d. Retrivied from http://digilib.uinsby.ac.id/15465/4/Bab%202.pdf

Wiratmo, Triyadi, Guntur. (2007). Transformasi Fungsi Gambar dalam Ilustrasi: Dari Dekorasi Visual Interpretasi Visual, Jurnalis Visual Sampai Opini Visual. Retrivied from: http://desaingrafisindonesia.wordpress.com/2009/01/07/transformasifungsi-gambardalam-ilustrasi-dari-dekorasi-visual-interpretasi-visualjurnalis-visual-sampai-opinivisual/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.