ANALISA PEMETAAN VISUAL DESAIN KEMASAN MINYAK TELON TRADISIONAL DAN MODERN

SHANIA SUTANTO(1*), CINDY MULJOSUMARTO(2), ANI WIJAYANTI SUHARTONO(3),


(1) UK Petra
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Minyak telon merupakan produk dari Indonesia yang sudah dikenal sejak lama. Minyak telon terus berkembang hingga membuat persaingan produk minyak telon ini semakin ketat. Salah satu faktor pemasaran yang penting adalah kemasan dari sebuah produk. Dalam penelitian ini akan dilakukan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif dimana peneliti membandingkan antara dua desain kemasan melalui elemen visualnya, yaitu desain kemasan modern dan desain kemasan tradisional. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa pada desain kemasan tradisional masih terdapat elemen visual yang meninggalkan jejak kebudayaan Indonesia seperti batik dan sulur-sulur dan juga belum banyak berinovasi. Pada kemasan modern ditemukan kemasan yang beragam dan berkembang menyesuaikan kebutuhan yang ada pada masyarakat serta desain yang digunakan meninggalkan kesan bersih, simpel, dan rapi.

Keywords


kemasan modern; kemasan tradisional; komparasi kemasan; elemen visual; minyak telon

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, F. (2017, August 9). Dinyatakan Pailit, Menperin Panggil Direksi Nyonya Meneer. liputan6.com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3052704/dinyatakan-pailit-menperin-panggil-direksi-nyonya-meneer

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d). Tradisional. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/Tradisional

Gunarta, A. (2017). Maskulinitas dan Feminitas pada Tipografi Kemasan pada Pria dan Wanita. (Thesis, Universitas Airlangga). http://repository.unair.ac.id/70678/2/JURNAL_Fis.K.34%2018%20Gun%20m.pdf

Nugroho, B. T. (2006, November 20) Menambah Daya Tarik Melalui Keindahan. http://mipa. uns.ac.id/~scienta/tutorial.doc.

Putri, V. K. (2021, March 23). Ciri-Ciri Masyarakat Modern. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/23/131347369/ciri-ciri-masyarakat-modern?page=all

Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rose, G. (2001). Visual Methodologies. Sage. Pub. US.

Rustan, S. (2019). Warna: Buku 1. Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, T. (2012). Managemen Marketing Plan. Jakarta: PT Flex Media Komputindo.

Wirya, I. (1999). Kemasan Yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.