STUDI PERBANDINGAN TEKNIK PEMBUATAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM SECARA TEORI DAN PRAKTIK
Keywords:
Edukasi, Kopi, Sistem, Wisata, WisatawanAbstract
Pada saat melakukan internship, penulis diberi kepercayaan memegang satu proyek dari perusahaan bernama Todays. Todays merupakan salah satu tempat menjual custom dan ready bordir patch yang biasanya dipasang pada baju, tas, topi, dll. Penulis melakukan penelitian tentang teknik pembuatan konten visual Instagram jika dilakukan secara teoritis dibandingkan secara praktik dalam pembuatan konten visual Instagram Todays.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara terstruktur dan studi dokumen. Ada dua instrumen penelitian yang penulis gunakan, yaitu handphone dan laptop. Analisis data dilakukan dengan interpretasi data dan penyederhanaan / reduksi data. Dari hasil penelitian, didapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara teknik pembuatan konten visual Instagram secara teori dan praktik. Tahapan yang dilakukan juga hampir sama, yaitu Pengumpulan informasi kebutuhan, Pembuatan kerangka kerja, Pencarian ide kreatif, olah data, dan visualisasi.
References
Anggraini, L. S. & Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendekia
Fadlurrahman, R. (2018, July 17). Pembuatan Konten Visual Konten Visual Kreatif Harian untuk Media Sosial Produk PT. Sinar Sosro menggunakan Adobe Creative Cloud 2017. Retrieved from Pembuatan Konten Visual Kreatif Harian Untuk Media Sosial Produk PT. Sinar Sosro Menggunakan Adobe Creative Cloud 2017| Zenodo
Gautama, C. F. et al. (2019). Desain Media Promosi Merek XWork untuk Meningkatkan Brand Awareness. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjz17K5nafxAhUTfSsKHbL-BmUQFjAAegQIAxAD&url=https%3A%2F%2Fjournal.untar.ac.id%2Findex.php%2FRupaka%2Farticle%2Fview%2F2943&usg=AOvVaw0SN-d1DVwcQweRe0WpZPM4
Hanindharputri, M. A. & Irhandi, I. G. N. G. G. (2020). Konten Visual Instagram Plaga Wine Sebagai Strategi Branding kepada Generasi Milenial. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiDzpSjnafxAhUbSX0KHcE0CIUQFjAAegQIAxAD&url=https%3A%2F%2Fjurnal.idbbali.ac.id%2Findex.php%2Fnawalavisual%2Farticle%2Fdownload%2F78%2F54&usg=AOvVaw0_PR6OD1JLvs7wT-i6fOHR
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi
Prahesty, A. A. (2020). Pembuatan Konten Visual Kreatif di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @biskuitjoid). Diploma thesis. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Kalimantan Selatan
Toybah, N. R. (2016). Dakwah Komunikasi Visual Melalui Instagram Akun @Haditsku). Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Kalimantan Selatan
Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/261935-none-74db444c.pdf
Konten Marketing & Copywriting untuk Bisnis Anda. (2019). Perbedaan Konten Marketing dan Copywriting, modul 5, 4. Retrieved from http://www.tpsaproject.com/wp-content/uploads/2019-03-19-Presentation-3-1123.05.4a.pdf
Hasby, M.A., Armayuda, E. & Haq, B.N. (2020). Strategi Konten Instagram untuk Edukasi Pola Minum Kopi yang Sehat pada Usia Muda.
Humaniora, 4(3), 196. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/830
Brahmantariguna, I.A.A., Dharmayanti, C. & Yansen, I.W. (2016). Hubungan Kompetensi Project Manager terhadap Keberhasilan Proyek Konstruksi Gedung. Spektran, 4(2), 56. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/download/22627/14862/
Bestari, A.G. & Ishartiwi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 124. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8006/8355