PERANCANGAN STARTUP “TA’TERNO”, JASA PENGIRIMAN BARANG DI SURABAYA DAN SIDOARJO

Aryabhama Citta Salaka(1*), Andrian Dektisa H.(2), Mendy Hosana Malkisedek(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaanya yang kemudian memilih berbisnis online sebagai jalan keluarnya. Bisnis online seperti berjualan makanan, baju, perlengkapan rumah tangga sangat marak terutama di kota Surabaya dan Sidoarjo. Para pelaku bisnis online memiliki permasalahan yang sama, yaitu ongkos pengiriman yang cenderung tidak ekonomis. Permasalahan ini menjadi peluang usaha dalam bidang pengiriman barang dengan harga yang ekonomis. Perancangan ini bertujuan untuk mempersiapkan startup jasa pengiriman barang di Surabaya dan Sidoarjo dengan harga yang ekonomis. Perancangan ini menggunakan analisis SWOT yang juga akan mengumpulkan data kompetitor sehingga perancangan akan lebih matang karena mempelajari startup yang sudah ada dengan bidang yang sama. Dengan demikian perancangan ini akan menjadi landasan yang kuat dalam menjalankan bisnis startup pengiriman barang di Surabaya.

Keywords


Perancangan Startup ; Startup Pengiriman Barang ; Jasa Kurir Surabaya Sidoarjo ; Bisnis Online

Full Text:

PDF

References


A.A. Utami, Zahrudin, S.Ramadhanti (2019) Journal

of Applied Business and Economics (JABE)

Vol. 6 No. 2, Hal. 137-156

Heller, S. & Talarico L. (2016). Becoming a design

entrepreneur how to launch your design-driven

ventures from apps to zines. New York:

Skyhorse Publishing

Kingsnorth, Simon. (2016). Digital Marketing Strategy

an integrated approach to online marketing.

Philadelphia: KoganPage

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing

Management, 15th Edition, Pearson

Education,Inc.

Prabawanti, M. A. H (2020, July 11). Penuhi

Kebutuhan di Masa Pandemi, Belanja “Online”

Jadi Solusi. Kompas.com. Retrieved September

, 2020, from

https://money.kompas.com/read/2020/07/11/17

/penuhi-kebutuhan-di-masa-pandemibelanja-online-jadi-solusi?page=all.

Ramadhan, B. (2020, April 14). Perubahan Perilaku

Belanja Konsumen Indonesia Saat Covid-19.

Teknoia.com. Retrieved September 30, 2020,

from https://teknoia.com/perilaku-konsumenindonesia-saat-covid-19-ee51b041464e

Ries, E., 2011. The Lean Startup. New York: Crown

Business

Ries, E. (2011). The Lean Startup. USA: Crown

Publishing Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.