PERANCANGAN STARTUP “TA’TERNO”, JASA PENGIRIMAN BARANG DI SURABAYA DAN SIDOARJO
Keywords:
Perpustakaan, co-working space, minat baca, startup industri kecil, perilakuAbstract
Pandemi membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaanya yang kemudian memilih berbisnis online sebagai jalan keluarnya. Bisnis online seperti berjualan makanan, baju, perlengkapan rumah tangga sangat marak terutama di kota Surabaya dan Sidoarjo. Para pelaku bisnis online memiliki permasalahan yang sama, yaitu ongkos pengiriman yang cenderung tidak ekonomis. Permasalahan ini menjadi peluang usaha dalam bidang pengiriman barang dengan harga yang ekonomis. Perancangan ini bertujuan untuk mempersiapkan startup jasa pengiriman barang di Surabaya dan Sidoarjo dengan harga yang ekonomis. Perancangan ini menggunakan analisis SWOT yang juga akan mengumpulkan data kompetitor sehingga perancangan akan lebih matang karena mempelajari startup yang sudah ada dengan bidang yang sama. Dengan demikian perancangan ini akan menjadi landasan yang kuat dalam menjalankan bisnis startup pengiriman barang di Surabaya.References
A.A. Utami, Zahrudin, S.Ramadhanti (2019) Journal
of Applied Business and Economics (JABE)
Vol. 6 No. 2, Hal. 137-156
Heller, S. & Talarico L. (2016). Becoming a design
entrepreneur how to launch your design-driven
ventures from apps to zines. New York:
Skyhorse Publishing
Kingsnorth, Simon. (2016). Digital Marketing Strategy
an integrated approach to online marketing.
Philadelphia: KoganPage
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing
Management, 15th Edition, Pearson
Education,Inc.
Prabawanti, M. A. H (2020, July 11). Penuhi
Kebutuhan di Masa Pandemi, Belanja “Online”
Jadi Solusi. Kompas.com. Retrieved September
30, 2020, from
https://money.kompas.com/read/2020/07/11/17
3736026/penuhi-kebutuhan-di-masa-pandemibelanja-online-jadi-solusi?page=all.
Ramadhan, B. (2020, April 14). Perubahan Perilaku
Belanja Konsumen Indonesia Saat Covid-19.
Teknoia.com. Retrieved September 30, 2020,
from https://teknoia.com/perilaku-konsumenindonesia-saat-covid-19-ee51b041464e
Ries, E., 2011. The Lean Startup. New York: Crown
Business
Ries, E. (2011). The Lean Startup. USA: Crown
Publishing Group.