PERANCANGAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG KASIH UNTUK ANAK-ANAK GPDI SITUBONDO
Keywords:
Loyalitas, satisfaction, perceived quality, perceived value, trust.Abstract
Sekolah Minggu merupakan tempat anak-anak melakukan kegiatan keagamaan di gereja. Dalam Sekolah Minggu, pelayan gereja melaksanakan pembinaan rohani kepada anak-anak. Anak-anak pada usia 10 sampai 12 tahun dipengaruhi sekali oleh pergaulan dalam lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai Alkitab dalam proses pembentukan kepribadian anak. Materi tersebut disampaikan melalui animasi 2D yang memiliki audio visual bervariasi. Animasi Tuhan Mengasihiku adalah animasi yang mengangkat cerita Bangsa Israel di Padang Gurun untuk mengajarkan kasih Tuhan kepada anak-anak Sekolah Minggu.
References
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Agus Suheri. (2006). Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec media Komputindo.
Boom, T. (n.d.). Traditional Animation Workflow. Retrieved from learn.toonboom.com: https://learn.toonboom.com/modules/animation-workflow/topic/traditional-animation-workflow
Hamalik, Oemar. (1990). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta:
Bumi Aksara.
Hobbs, J. (1995). Mount Sinai. Texas: University of Texas Press.
Kemp, Jerrold. (1963). Planning and Producing Audiovisual Materials. Chicago: Chandler
Publishing Company.
Levie, W.H. dan Lentz, R. (1982). “Effects of text illustrations: A review of research. Educational Communication and Technology” journal. 30, 195-232.
Morin, A. (2020, July 18). Why Kids Get Bored at School—and How to Help. Retrieved from
verywellfamily.com:https://www.verywellfamily.com/reasons-kids-are-bored-at-school-620804
Piaget, Jean, & Barbel Inhelder. (2010). Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thomas, Frank dan Ollie Johnston. (1981). The Illusion of Life Disney Animation. New York: Walt Disney Production.