PERANCANGAN BRAND PAKAIAN UPCYCLE "PHOEBE"
Keywords:
Edukasi Bursa Efek, Jarak, Perilaku, Perkantoran, dan Suara.Abstract
Phoebe upcycle merupakan brand pakaian yang baru dibuat untuk memberikan solusi bagi permasalahan di dunia fashion. Phoebe membuat barang upcycle yang berarti menggunakan barang yang sudah tidak terpakai lagi dan membuatnya menjadi barang yang sifatnya lebih baik dari sebelumnya. Berkembangnya dunia fashion membuat pakaian menjadi hal yang dapat diakses dengan gampang dan dapat dibeli dengan harga yang murah. Muncul yang namanya trend fast fashion yang membuat pakaian dengan harga murah, kuantitas yang besar, dan kualitas yang rendah. Hal ini tentu memberi efek negatif terhadap lingkungan. Kualitas yang rendah membuat pakaian lebih cepat rusak dan pakaian yang rusak akan berakhir di tempat pembuangan. Padahal dalam pembuatan sebuah baju proses yang dilewati sangat panjang, dan dalam proses tersebut banyak sampah yang dihasilkan. Brand Phoebe mendaur ulang dengan bahan yang sudah ada sehingga tidak turut menyumbang sampah yang dapat merusak lingkungan.
References
Ada Apa Di Balik Fast Fashion?. 2019 Retrieved from
https://kumparan.com/tinkerlust-team/ada-apa-di-balik-fast-fashion-1553503577929475307/full
Anderson, S., & Mesher, L. (2019). Retail design (2nd ed.). London. Retrieved from https://doi.org/10.5040/9781474294300?locatt=label:secondary_architectureLibrary
Asfihan, Ak. (2019). Positioning Adalah: Strategi Positioning Untuk Memenangkan Pesaing Bisnis. Retrieved from https://adalah.co.id/positioning/
Data Primer dan Data Sekunder. (2018). Retrieved from
http://sosiologis.com/data-primer-dan-data-sekunder
Ellen MacArthur Foundation, A new textiles economy: Redesigning fashion’s
future, (2017, http://www.ellenmacarthurfoundation.org/publications).
Fashion Industry Waste Statistic (n.d.).
Retrieved June, 26, 2020 from
https://edgexpo.com/fashion-industry-waste-statistics/
Ferringo, B. (2016). The Bloomsbury Encyclopedia of Design. Bloomsbury Publishing Plc. https://doi.org/10.5040/9781472596178
Unique Selling Point (n.d)
Retrieved October, 2, 2020 from
https://www.optimizely.com/optimization-glossary/unique-selling-point/
Pakaian. (2016). In Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pakaian
Sejarah Pakaian: Dari Kulit Hewan Hingga Kain
Tentang Upcycling. (2020). Retrieved from
https://cleanomic.co.id/tentang-upcycling/
Yusnindya – Putri. (2018). Upcycle Busana Casual Sebagai Pemanfaatan Pakaian Bekas (Essay, The State University of Surabaya, 2018)
Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/22123