PERANCANGAN BRAND PAKAIAN UPCYCLE "PHOEBE"

Authors

  • Natassia Christina UK PETRA
  • Bing Bedjo Tanudjaja UK PETRA
  • Daniel Kurniawan UK PETRA

Keywords:

Edukasi Bursa Efek, Jarak, Perilaku, Perkantoran, dan Suara.

Abstract

Phoebe upcycle merupakan brand pakaian yang baru dibuat untuk memberikan solusi bagi permasalahan di dunia fashion. Phoebe membuat barang upcycle yang berarti menggunakan barang yang sudah tidak terpakai lagi dan membuatnya menjadi barang yang sifatnya lebih baik dari sebelumnya. Berkembangnya dunia fashion membuat pakaian menjadi hal yang dapat diakses dengan gampang dan dapat dibeli dengan harga yang murah. Muncul yang namanya trend fast fashion yang membuat pakaian dengan harga murah, kuantitas yang besar, dan kualitas yang rendah. Hal ini tentu memberi efek negatif terhadap lingkungan. Kualitas yang rendah membuat pakaian lebih cepat rusak dan pakaian yang rusak akan berakhir di tempat pembuangan. Padahal dalam pembuatan sebuah baju proses yang dilewati sangat panjang, dan dalam proses tersebut banyak sampah yang dihasilkan. Brand Phoebe mendaur ulang dengan bahan yang sudah ada sehingga tidak turut menyumbang sampah yang dapat merusak lingkungan.

Author Biographies

Natassia Christina, UK PETRA

DKV UK PETRA

Bing Bedjo Tanudjaja, UK PETRA

DKV UK PETRA

Daniel Kurniawan, UK PETRA

DKV UK PETRA

References

Ada Apa Di Balik Fast Fashion?. 2019 Retrieved from

https://kumparan.com/tinkerlust-team/ada-apa-di-balik-fast-fashion-1553503577929475307/full

Anderson, S., & Mesher, L. (2019). Retail design (2nd ed.). London. Retrieved from https://doi.org/10.5040/9781474294300?locatt=label:secondary_architectureLibrary

Asfihan, Ak. (2019). Positioning Adalah: Strategi Positioning Untuk Memenangkan Pesaing Bisnis. Retrieved from https://adalah.co.id/positioning/

Data Primer dan Data Sekunder. (2018). Retrieved from

http://sosiologis.com/data-primer-dan-data-sekunder

Ellen MacArthur Foundation, A new textiles economy: Redesigning fashion’s

future, (2017, http://www.ellenmacarthurfoundation.org/publications).

Fashion Industry Waste Statistic (n.d.).

Retrieved June, 26, 2020 from

https://edgexpo.com/fashion-industry-waste-statistics/

Ferringo, B. (2016). The Bloomsbury Encyclopedia of Design. Bloomsbury Publishing Plc. https://doi.org/10.5040/9781472596178

Unique Selling Point (n.d)

Retrieved October, 2, 2020 from

https://www.optimizely.com/optimization-glossary/unique-selling-point/

Pakaian. (2016). In Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pakaian

Sejarah Pakaian: Dari Kulit Hewan Hingga Kain

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/02/160000069/sejarah-pakaian--dari-kulit-hewan-hingga-kain?page=all

Tentang Upcycling. (2020). Retrieved from

https://cleanomic.co.id/tentang-upcycling/

Yusnindya – Putri. (2018). Upcycle Busana Casual Sebagai Pemanfaatan Pakaian Bekas (Essay, The State University of Surabaya, 2018)

Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/22123

Downloads

Published

2021-01-12