PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL RE-BRANDING SIRUP SIROPEN TELASIH HERITAGE 1923 JC. VAN DRONGELEN KHAS SURABAYA

Adelavina Widodo(1*), Bing Bedjo Tanudjaja(2), Baskoro Suryo B.(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan Komunikasi Visual Re-branding ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat dan wisatawan bahwa Siropen merupakan produk sirup heritage sejak 1923 oleh JC.Van Drongelen dan sebagai produk Khas Surabaya yang bisa dijadikan buah tangan, karena selama ini masyarakat Surabaya kurang mengetahui potensi yang ada di kotanya. Metode analisa yang digunakan adalah USP (Unit Selling point) dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) untuk menonjolkan sebuah karakteristik dari produk sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan calon konsumen. Diharapkan dengan adanya perancangan komunikasi visual re-branding yang efektif ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan produk sirup Siropen sendiri.

Keywords


re-branding, sirup, Siropen Telasih, heritage, khas Surabaya

Full Text:

PDF

References


Ary, Oktalia. (31 Mei 2011). Siropen, Sirup Warisan Kota Pahlawan. Diunduh 21 Januari 2013 dari

http://www.seputarindonesia.com/edisicetak/content/view/402465/

Barlow, Janelle., and Paul Stewart. (2004). Branded Customer Service: The New Competitive Edge. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Bartlett, Jonathan. (1996). The Cook’s Dictionary & Culinary Reference. Chicago, Ilinuis: Contemporary Publishing Company.

Bendon, Olivia. (1 Juni 2012). J.C. Van Drongelen, Buah Tangan Khas Surabaya Sejak 1923. Diunduh 31 April 2013 dari http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/06/01/jc-van-drongelen-buah-tangan-khas-surabaya-sejak-1923/>

Heller, Steven & Seymour Chwast. (1988). Graphic Styles:From Victorian to Post-Modern. London: Pushpin Editions.

Hemawan, Warsito. (1995). Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta : Grasindo.

Khasali, Rheinard. (1992). Manajemen Periklanan. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Milenium. Trans. Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Jakarta: Prenhallindo.

LSPR. (2010). Beyond Borders: Communication Modernity & History. London: Stikom The London School of Public Relations.

“Menelusuri Iklan pada Majalah”, (2009). Pasundan University.dari http://super-oxygen.blogspot.com/

Rahmat, Supriyono. (2010). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.

Santoso, Sigit. (2009). Creative Advertising: Petunjuk Teknis Mempersiapkan Iklan Cetak dan Elektronik dengan Efisien. Jakarta: Elex Media Komputindo.

“Siropen-Siroop-Minuman Khas Surabaya”. (30 Mei 2011). East Java Traveler. diunduh 31 April 2013. dari www.eastjavatraveler.com/siropen-siroop-minuman-khas-surabaya/

Silalahi, Ulber. (2006).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.