PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL RE-BRANDING SIRUP SIROPEN TELASIH HERITAGE 1923 JC. VAN DRONGELEN KHAS SURABAYA

Authors

  • Adelavina Widodo LPPM UK Petra
  • Bing Bedjo Tanudjaja LPPM UK Petra
  • Baskoro Suryo B. LPPM UK Petra

Keywords:

Communication Privacy Management, HIV, Facebook

Abstract

Perancangan Komunikasi Visual Re-branding ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat dan wisatawan bahwa Siropen merupakan produk sirup heritage sejak 1923 oleh JC.Van Drongelen dan sebagai produk Khas Surabaya yang bisa dijadikan buah tangan, karena selama ini masyarakat Surabaya kurang mengetahui potensi yang ada di kotanya. Metode analisa yang digunakan adalah USP (Unit Selling point) dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) untuk menonjolkan sebuah karakteristik dari produk sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan calon konsumen. Diharapkan dengan adanya perancangan komunikasi visual re-branding yang efektif ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan produk sirup Siropen sendiri.

Author Biographies

Adelavina Widodo, LPPM UK Petra

Program Studi Desain Komunikasi Visual UK Petra

Bing Bedjo Tanudjaja, LPPM UK Petra

Program Studi Desain Komunikasi Visual UK Petra

Baskoro Suryo B., LPPM UK Petra

Program Studi Desain Komunikasi Visual

References

Ary, Oktalia. (31 Mei 2011). Siropen, Sirup Warisan Kota Pahlawan. Diunduh 21 Januari 2013 dari

http://www.seputarindonesia.com/edisicetak/content/view/402465/

Barlow, Janelle., and Paul Stewart. (2004). Branded Customer Service: The New Competitive Edge. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Bartlett, Jonathan. (1996). The Cook’s Dictionary & Culinary Reference. Chicago, Ilinuis: Contemporary Publishing Company.

Bendon, Olivia. (1 Juni 2012). J.C. Van Drongelen, Buah Tangan Khas Surabaya Sejak 1923. Diunduh 31 April 2013 dari http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/06/01/jc-van-drongelen-buah-tangan-khas-surabaya-sejak-1923/>

Heller, Steven & Seymour Chwast. (1988). Graphic Styles:From Victorian to Post-Modern. London: Pushpin Editions.

Hemawan, Warsito. (1995). Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta : Grasindo.

Khasali, Rheinard. (1992). Manajemen Periklanan. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Milenium. Trans. Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Jakarta: Prenhallindo.

LSPR. (2010). Beyond Borders: Communication Modernity & History. London: Stikom The London School of Public Relations.

“Menelusuri Iklan pada Majalah”, (2009). Pasundan University.dari http://super-oxygen.blogspot.com/

Rahmat, Supriyono. (2010). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.

Santoso, Sigit. (2009). Creative Advertising: Petunjuk Teknis Mempersiapkan Iklan Cetak dan Elektronik dengan Efisien. Jakarta: Elex Media Komputindo.

“Siropen-Siroop-Minuman Khas Surabaya”. (30 Mei 2011). East Java Traveler. diunduh 31 April 2013. dari www.eastjavatraveler.com/siropen-siroop-minuman-khas-surabaya/

Silalahi, Ulber. (2006).

Downloads

Published

2013-07-01

Issue

Section

Articles