Perancangan Branding Djadjanan Djadoel Semarang "Bendinten"

Wong Nathania Bryna Savira(1*), Ahmad Adib(2), Ani Wijayanti Suhartono(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Bendinten merupakan sebuah bisnis yang menjual jajanan tradisional khas Semarang. Jajanan tradisional khas Semarang banyak yang mengalami kepunahan dan juga tidak diketahui oleh generasi muda. Oleh karena itu, dilakukanlah perancangan branding dan penggunaan startegi media yang berguna untuk mengenalkan “Djadjanan Djadoel” atau jajanan tradisional kepada target audience yang sudah ditentukan. Perancangan yang dilakukan mulai dari membuat logo hingga membuat media-media yang diperlukan seperti packaging, stationery, daftar menu, merchandise, seragamkaryawan, dan lain-lain. Diharapkandengan adanya perancangan branding inidapat membantu menyelamatkan jajanan tradisional dari kepunahan dan kembali dikenal oleh generasi muda.

Keywords


Bendinten, jajanan tradisional, jajanan Semarang, branding, kemasan.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Yuyun. 2008. Bangkitnya bisnis kuliner traditional.

Alamsyah, Yuyun. 2016. Warisan kuliner nusantara kue basah dan jajan pasar.

Angelin, Sisil. 2019. (2019, April) Rekomendasi 10 kota wisata kuliner di Indonesia. Retrieved from gotravelly:https://www.gotravelly.com/blog/kotakuliner-di-indonesia/

Becakmabur Brand. 2011. (2011, June) Tentang branding. Retrived from BCKM:

https://www.becakmabur.com/tentang-branding/

Kamila, Mia. 2019. (2019, January). Jamu jun minuman khas Semarang yang sudah mulai langka.

Retrieved from

genpi.co:https://www.genpi.co/travel/5690/jamu-junminuman-khas- semarang-yang-sudah-mulai-langka

Kurniawa, Cynthia. 2015. (2015, June) Perancangan buku jajanan tradisional di Surabaya Retrieved from

deweyPetra:https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/p

review?id=2065804

Majid, Abdul. 2008. (2008, June) Pengertian,

konsep, definisi pemasaran, dan manajemen

pemasaran. Retrived from

wordpress:https://majidbsz.wordpress.com/2008/06/3

/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/

Riadi, Muchlisin. 2017. (2017, January) Pengertian,

tujuan, unsur dan jenis-jenis branding Retrieved

from

kajianpustaka:https://www.kajianpustaka.com/2017/0

/pengertian-tujuan-unsur-dan-jenis-branding.html

Sankhyaadi, Aria. (2018, November). 5 kota yang jadi destinasi kuliner andalan indonesia. Retrieved

from

kumparan:https://kumparan.com/kumparantravel/5-

kota-yang-jadi- destinasi-kuliner-andalanindonesia-1542288251689265481

Sarenata. 2019. (2019,April) Apa Itu generasi milenial dan perbedaannya dengan generasi X dan

Z? Retrieved from Quipper:

https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/generasimilenial-x-dan-z/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.