PERANCANGAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DI ATAS PANGGUNG

Joshua Christopher Soegijono(1*), Hen Dian Yudani(2), I Gusti Ngurah Wirawan(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Joshua Christopher S

Audio Visual

Perancangan Virtual Reality sebagai Media untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Atas Panggung

Public speaking adalah presentasi yang diberikan langsung kepada audiensi. Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintah, dan bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Akan tetapi hal yang paling mendasar dan sangat dibutuhkan dalam public speaking tidak hanya tampilan menarik saja, tetapi juga harus memiliki personality yang baik serta yang paling dasar dan penting yaitu kepercayaan diri seseorang. Seiring berkembangnya jaman mulai dikembangkan kembali teknologi yang disebut Virtual Reality. Virtual Reality tidak hanya dapat diimplementasikan dalam game, teknologi ini dapat diimplementasikan dalam berbagai macam bidang seperti arsitektur, pekerja medis, entertainment, dll. Dengan hadirnya virtual reality ini dapat menjadi salah satu media untuk meningkatkan kepercayaan diri yang saat ini masih banyak dan meluas dimana-mana.


Keywords


Public Speaking, Virtual Reality, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Cahya, Indra.,(2016, Februari 20). Virtual Reality bisa bantu Anda lawan Ketakutan Public Speaking. Diakses dari URL > https://www.merdeka.com/teknologi/virtual-reality- bisa-bantu-anda-lawan-ketakutan-public-speaking.html

Nafisah, Sarah.,(2019, Juli 16). Apa yang terjadi saat Kita Mengalami Demam Panggung. Diakses dari URL > https://bobo.grid.id/read/081786908/apa-yang-terjadi- saat-kita-mengalami-demam-panggung-akubacaakutahu?page=all

Spencer, Laura.,(2018, Juni 18). Apa itu Public Speaking? & Mengapa itu Penting? . Diakses dari URL > https://business.tutsplus.com/id/tutorials/what-is-public-speaking-- cms-31255

Abidin, Riswan.,(2016, April 25). Pengertian Virtual Reality dan Perbedaanya dengan Augmented Reality. Diakses dari URL > https://teknojurnal.com/pengertian- virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/

Puspita, Ariska.,(2018, September 05). Memahami Pentingnya Rasa Percaya Diri dalam Kehidupan. Diakses dari URL > https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/05/111100720/memahami-pentingnya- rasa-percaya-diri-dalam-kehidupan-?page=allhttps://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/05/111100720/memahami- pentingnya-rasa-percaya-diri-dalam-kehidupan-?page=all

Azani. Ivan., (2018, 29 November). Virtual Reality. Diakses dari URL > https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/virtual-reality/

Zimmerman, J, Larry., (2003). Presenting The past. Diakses dari URL > https://media.forum-fr.site/?utm_term=%5B%28Presenting+the+Past%29%5D+%5BAuthor%3A+Larry+J.+Zimmerman%5D+published+on+%28April%2C+2003%29&asin=https%3A%2F%2Fm.media-amazon.com%2Fimages%2FI%2F31Gt--DgONL._AC_UL436_.jpg

Hojanto, Ongki., (2018). Public Speaking Mastery In Action. Diakses dari URL > https://www.goodreads.com/book/show/25566874-public-speaking-mastery

Bailenson, Jeremy., (2018). Experience on Demand. Diakses dari URL > https://www.goodreads.com/en/book/show/40180038-experience-on-demand

Binanto, Iwan., (2010). Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Diakses dari URL > https://books.google.co.id/books?id=UqWLna0oaUYC&pg=PA5&dq=teori+mengenai+virtual+reality&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiIm7Tepv_oAhU94HMBHZNqC5EQ6AEIMTAB#v=onepage&q&f=false

Jamil, Muhammad., ( 2018 ). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality di Perpustakaan. Diakses dari URL > https://docplayer.info/166819111-Pemanfaatan-teknologi-virtual-reality-vr-di-perpustakaan.html

Maulana, Adam., (2019, 3 Maret ). 5 Manfaat Teknologi Virtual Reality ( VR) dalam Kebutuhan Bidang Tertentu. Diakses dari URL > https://www.anakteknik.co.id/a/Mas-Geck/5-Manfaat-Teknologi-VR-Virtual-Reality-dalam-Kebutuhan-Bidang-Tertentu

Akbar, Dayu., (2016, 31 Agustus ). Pemanfaatan Virtual Reality di Berbagai Bidang. Diakses dari URL > https://www.pcplus.co.id/2016/08/pemanfaatan-virtual-reality-di-berbagai-bidang/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.