PERANCANGAN STRATEGI BRANDING SAMBAL DURI BANDENG KHAS ASEMROWO SURABAYA

Levina Fillyana Budiman(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagai produk baru yang unik dan inovatif, sambal duri bandeng yang baru diproduksi pada bulan November 2019 lalu belum memiliki identitas yang jelas seperti belum adanya nama produk dan penggunaan kemasan yang tidak konsisten. Padahal produk ini berpotensi untuk dikenal karena keunikan dan kelebihannya.  Maka dari itu, perlu dilakukan perancangan strategi branding untuk membentuk identitas produk agar bisa lebih dipercaya dan meningkatkan pemasaran produk. Perancangan ini menggunakan metode analisis SWOT dengan membandingkan produk dan kompetitor diikuti dengan riset pada target audiens potensial.  Hasil dari perancangan ini meliputi strategi branding dan aplikasi logo pada beberapa media yang diharapkan bermanfaat dalam pembentukan identitas produk.


Keywords


Sambal duri bandeng, strategi branding, produk unik dan inovatif.

Full Text:

PDF

References


manfaat ikan bandeng yang jarang diketahui. (2019). Retrieved January 27, 2020, from https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/5-manfaat-ikan-bandeng-yang-jarang-diketahui

Association, American Marketing. (n.d.). Branding. Retrieved February 27, 2020, from https://www.ama.org/topics/branding/

Economist, T. (2003). Brands and branding. New York: Bloomberg Press.

Healey, M. (2008). What is branding. Singapore: RotoVision.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi cinta: Menembus g-spot konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management 14th ed. Boston: Pearson Education Limited.

Landa, R. (2006). Designing brand experiences. Clifton Park: Thomas Delmar Learning.

Neumeier, M. (2006). The brand gap: How to bridge the distance between business strategy and design ; a whiteboard overview. Berkeley,CA: New Riders.

O'Grady, J. V., & O'Grady, K. V. (2006). A designer's research manual : Succeed in design by knowing your clients and what they really need. Gloucester: Rockport Publishers.

OVO, Brands by. (n.d.). Brands archetypes. Retrieved March 04, 2020, from https://brandsbyovo.com/expertise/brand-archetypes/

Putri, A. S. (2019). Indonesia menjadi negara ke 2 penyumbang sampah makanan di dunia. Fimela. Retrieved February 3, 2020, from https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4079155/indonesia-menjadi-negara-ke-2-penyumbang-sampah-makanan-di-dunia

Sinek, S. (2009). How great leaders inspire action. TEDxPuget Sound. Newcastle: TED. Retrieved March 18, 2020, from https://www.ted.com/talks/simon_sinek_how_great_leaders_inspire_action

Wheeler, A. (2013). Designing brand identity fourth edition : An essential guide for the whole branding team. Hoboken,N.J.: John Wiley & Sons, Inc.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus brand A-Z. Jakarta: Red & White Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.