PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL KOMISI REMAJA-PEMUDA GKA GLORIA SURABAYA

Josh Verrell Davidson(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Aniendya Christianna(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Beberapa cabang GKA Gloria memiliki komisi remaja-pemuda dengan identitas visualnya masing-masing. Perbedaan tersebut membuat komisi remaja-pemuda GKA Gloria menjadi seakan-akan terpecah-pecah dan terlihat seperti komisi yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan adanya perancangan identitas visual baru untuk menyatukan perbedaan tersebut. Dalam perancangan ini, metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif di mana dilakukan suatu riset yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil analisis, identitas visual ini dibuat dengan konsep yang ceria dan bersemangat yang juga memiliki karakter tegas di dalamnya. Identitas visual yang baru ini kemudian akan diaplikasikan pada stationery, environmental graphic design, dan promotion tools.


Keywords


Perancangan identitas; media komunikasi visual; perancangan media komunikasi visual

Full Text:

PDF

References


Chiaravalle, B., & Schenck, B.F. (2017). Branding for

dummies. Wiley, Indianapolis.

Community. (2020). Dalam Cambridge Dictionary. Diakses dari https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english-indonesian/community

David, I. (2020). Makna logo dan visi misi GKA Gloria. Hasil Wawancara Pribadi : 18 Maret 2020, GKA Gloria Samudra.

Elisandi, V. (2020). Makna logo dan visi misi komisi remaja-pemuda Daniel. Hasil Wawancara Pribadi : 14 Maret 2020, Bajem GKA Gloria Sidoyoso.

Enlightening. (2020). Dalam Merriam-Webster. Diakses dari https://www.merriam-webster.com/dictionary/enlightening#other-words

Hidayat, A. (2012). Penjelasan lengkap tentang penelitian kualitatif. Diakses dari https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

Ian, J. (2020). Makna logo dan visi misi Pniel Youth Community. Hasil Wawancara Pribadi : 20 Maret 2020, GKA Gloria Galaxy.

Kotler, Philip & Keller. (2009). Manajemen pemasaran. terjemahan Bob Sabran. Edisi

ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Krisantana, I. (2020). Makna logo dan visi misi FS Community. Hasil Wawancara Pribadi : 19 Maret 2020, GKA Gloria Pacar.

Lebond, B. (2017, April 28). Arti dan pengaruh warna bagi psikologi manusia. Diakses dari https://psyline.id/arti-dan-pengaruh-warna-bagi-psikologi-manusia/

Mulawarman dan Nurfitri. A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 37-38

Nilam, H. (2020). Kesatuan antar komisi remaja-pemuda GKA Gloria. Hasil Wawancara Pribadi : 25 Maret 2020, GKA Gloria Pacar.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran strategik. Edisi 1. Yogyakarta : CV Andi Offset

Tedjokusumo, Y.N. (2020). Makna logo dan visi misi Nazaret Teens Community. Hasil Wawancara Pribadi : 10 Maret 2020, GKA Gloria Nirwana

Vania, E. (2020). Makna logo dan visi misi Ariel. Hasil Wawancara Pribadi : 18 Maret 2020, GKA Gloria Samudra.

Wongsohadi, H. (2020). Makna logo dan visi Misi Shien Shin. Hasil Wawancara Pribadi : 19 Maret 2020, GKA Gloria Pacar.

Youth. (2020). Dalam Cambridge Dictionary. Diakses dari https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english-indonesian/youth


Refbacks

  • There are currently no refbacks.