PERANCANGAN CLOTHING LINE “Lì Xià”

Yulishia Prasetio(1*), Hartono Karnadi(2), Luri Renaningtyas(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini dibuat untuk menghasilkan clothing line yang mampu memperkenalkan Lì Xià sebagai startup brand yang mendukung perekonomian di Indonesia. Pada koleksi perdana ini, Lì Xià menggunakan peninggalan budaya yaitu batik tulis Lasem yang dirancang dengan desain Convertible Modular dan dikemas dalam gaya pop culture. Untuk mengenalkan koleksi pertama ini, Lì Xià melakukan promosi dalam bentuk iklan menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook.


Keywords


Perancangan, Lì Xià, Fashion Brand, Warisan Budaya, startup.

References


Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. (2017). Data statistik dan hasil survei ekonomi kreatif. Retrieved November 11, 2019, from http://www.bekraf.go.id/profil

Bernard, M. (2006). Fashion as Communication, diterjemahkan oleh Idy Subandy Ibrahim, Fashion sebagai Komunikasi Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas dan Gender. Yogyakarta.

Brannon, E. L. (2015). Fashion Forecasting. New York: Bloomsbury.

Ishwara, helen, L.R. Supriyapto Yahya, dan Xenia Moeis. (2011). Batik Pesisir pustaka Indonesia koleksi Hartono Sumarsono. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Juniman, P. T. (2017, Januari 28). Kebaya encim, buah hasil lebur budaya peranakan. Retrieved Februari 12, 2020, from CNN: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170127200705-277-189574/kebaya-encim-buah-hasil-lebur-budaya-peranakan

Kurniadari, R. (2018, Februari 16). Tahukah anda? baju koko bermula dari baju Tionghoa, Tui-Khim. Retrieved Februari 12, 2020, from TribunJakarta.com: https://jakarta.tribunnews.com/2018/02/16/tahukah-anda-baju-koko-bermula-dari-baju-tionghoa-tui-khim

Quinn, B. (2002). Techno fashion. New York: Berg

Strinati, Dominic. (2016). Popular Culture, Pengantar Menuju Teori Budaya Populer (Abdul Mukhid, Penerjemah.). Yogyakarta: Bentang Budaya.

Suryatna, Hempri; William Kwan; Dyah Rosiana, dan Dewi Meiyani. (2010). Potret kehidupan pembatik di Lasem Rembang. Jakarta: Institut Pluralisme Indonesia (IPI).

Tressia, Dara. 2012. Daya tarik trend fashion korea sebagai budaya populer di kalangan mahasiswa kota Bandung. Skripsi Universitas Komputer Indonesia Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas.

Williams, Raymond, (1983) Keyword, London: Fontana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.