PERANCANGAN BRANDING ”CERIPTA” KERAJINAN PERCA BATIK DENGAN NILAI JUAL TINGGI BAGI MILENIAL
(1) UK. Petra
(2) UK. Petra
(3) UK. Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Ceripta merupakan sebuah brand kerajinan batik perca yang menyediakan produk kerajinan seperti tas dan dompet sebagai produk utama dan aksesoris pelengkap lainya, semua produk menggunakan utama batik perca sebagai bahan utama. Usaha ini dirintis berlatar belakang keinginan untuk merubah pandangan milenial lokal yang beranggapan bahwa batik itu kuno dan kain perca dianggap kurang layak untuk di-stylingdengan fashion masa kini. Berdasarkan kesimpulan di atas maka perancangan yang dilakukan meliputi perancangan produk, brandingdan media promosinya. Produk dirancang supaya memiliki model yang lebih modern. Sedangkan brandingdirancang beserta implementasi brandbertujuan agar Ceripta sebagai brandbaru dapat memiliki nyawa sehingga dapat menghidupkan branddengan identitas yang jelas dan pas dengan target audience-nya. Perancangan promosi juga disesuaikan menggunakan media yang relevan dengan milenial. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness, mengembangkan bisnis dari Ceripta, dan membantu Ceripta bersaing dengan brandlokal lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Negara Tujuan Ekspor Batik Indonesia. (2017). Retrieved from http://montypythondirect.com/4-negara-tujuan-ekspor-batik-indonesia/
Ajrun, M. (n.d). Pengertian Batik dan Jenis Batik. Retrived February 25, 2020 from https://www.academia.edu/38043595/Pengertian_Batik_dan_Jenis_Batik
Binus, Library. (n.d.). Retrieved January 20, 2020 from https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-219.pdf
Fajar, M. (2019, September 17). Ingin Bisnis? Ini 5 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020. Retrieved from https://www.suara.com/yoursay/2019/09/16/200000/ingin-bisnis-ini-5-peluang-usaha-yang-menjanjikan-di-tahun-2020
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Kerajinan. Retrieved March 6, 2020 from https://kbbi.web.id/kerajinan
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Perca. Retrieved March 6, 2020 from https://kbbi.web.id/perca
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Perancangan. Retrieved March 6, 2020 from https://kbbi.web.id/perancangan
Koesno, D. (2016, October 20). Pria Kreatif Ini Merajut Untung Dari Limbah Kain Perca. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/2630203/pria-kreatif-ini-merajut-untung-dari-limbah-kain-perca
Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.
Kurniawan, Denny. (2008). Perancangan logo dan mascot untuk mendukung promosi wisata kuliner malam warung tradisional di Surabaya. (TA No. 00111229/DKV/2008). Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Novia. (2017, November 2). Semua Tentang Branding yang Harus Anda Tahu. Retrieved from https://www.jurnal.id/id/blog/2017-semua-tentang-branding-yang-harus-anda-tahu/
Putri, B. R. T., (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Ramanda, Akhmad. (2011). Tinjauan Makna Visual Logo Bank BJB. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain. Bandung: Universitas Komputer Indonesia
Rangkuti, F. (2004). The Power of Brands. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama
Riani, Asnida. (2018, Desember). Detail Pembeda Batik Yogya dan Solo, Sudahkah Anda Tahu?. Retrieved from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3814104/detail-pembeda-batik-yogya-dan-solo-sudahkah-anda-tahu
Rita. (2018). Brand Equity. Retrieved March 3, 2020 from http://bbs.binus.ac.id/international-marketing/2018/09/brand-equity/
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA
Sukirno, S. (2013). Pengantar Bisnis Edisi Pertama (1 ed.). Jakarta: Kencana.
Yasmin, Puti. (2020). Milenial Jadi Kata Terpopuler di KBBI dan Google 2019, Apasih Artinya ?. Retrieved March 7, 2020 from https://news.detik.com/berita/d-4849528/milenial-jadi-kata-terpopuler-di-kbbi-dan-google-2019-apa-sih-artinya
Refbacks
- There are currently no refbacks.