PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI KAIN TENUN ULAP DOYO PEMAYUQ

Meilita Meilita(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Vanessa Yusuf(3),


(1) UK. Petra
(2) UK. Petra
(3) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemayuq merupakan brand handicraft yang menggunakan kain tenun ulap doyo tenunan sendiri sebagai bahan dasarnya. Kain tenun ulap doyo berasal dari suku Dayak Benuaq yang memiliki keunikan tersendiri karena terbuat dari serat daun doyo sehingga ramah lingkungan. Namun brand ini kurang dapat menyesuaikan diri dengan pasarnya dan belum memiliki strategi promosi yang tepat sehingga belum dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu dilakukan perancangan strategi promosi dan pengembangan produk yang sesuai dengan target audience-nya. Perancangan ini meliputi strategi promosi dan beberapa aplikasi media seperti Instagram, website, packaging, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan ada deskritif kualitatis, analisis SWOT, dan analisis 4P. Diharapkan dengan adanya perancangan strategi promosi ini dapat membantu membangun citra Pemayuq, menciptakan brand awareness, dan dapat bertahan di tengah persaingan pasar yang ketat.


Keywords


Pemayuq, handicraft, tenun ulap doyo, strategi promosi, brand awareness

Full Text:

PDF

References


Kotler, & Phillip. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyodi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Neumeier, M. (2013). The Dictionary of Brand A-Z. USA: Google.

Ralie, Z. (2017, October 10). Tenun Ulap Doyo khas Dayak Benuaq. Lokadata.Id. Retrieved from https://lokadata.id/artikel/tenun-ulap-doyo-khas-dayak-benuaq

Rogoll, C. (2015). Star Brands. New York: Allworth Press.

Stratten, S., & Stratten, A. (2018). Unbranding 100 Pelajaran Branding di Era Disruptif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Suryadi, D. (2011). Promosi Efektif Media Above the Line. Jakarta: PT. Suka Buku.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.