FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DAN APARTEMEN KELAS MENENGAH BAWAH DI SURABAYA, GRESIK, DAN SIDOARJO

Adi Sucipto Chandra Wijaya(1*),


(1) Magister Teknik Sipil
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsumen properti kelas menengah bawah di wilayah Surabaya dan sekitarnya dapat dihadapkan dengan dua pilihan properti yang berbeda. Dengan harga yang relatif sama konsumen bisa membeli apartemen menengah bawah di Surabaya atau rumah menengah bawah di Gresik atau Sidoarjo (pinggiran kota Surabaya). Ada 3 faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian properti yaitu faktor konsumen, produk, dan pengembang. Keputusan pembelian untuk salah satu jenis properti diatas akan dijelaskan dari ketiga faktor tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor yang paling membedakan pertimbangan keputusan pembelian konsumen rumah menengah bawah di Gresik atau Sidoarjo dengan konsumen apartemen menengah bawah di Surabaya. Dengan analisa regresi logistik dan deskriptif mean, faktor-faktor tersebut dapat dianalisa sehingga dapat diketahui faktor/indikator mana yang paling mempengaruhi keputusan pembelian masing-masing jenis properti. Hasil dari penelitian ini melalui regresi logistik menunjukkan bahwa ada dua faktor yang membedakan keputusan pembelian kedua jenis properti tersebut secara signifikan, yaitu faktor pendidikan konsumen dan faktor pengembang. Dengan analisa mean juga didapatkan beberapa perbedaan karakter konsumen dan persepsi terhadap tingkat kepentingan faktor produk maupun pengembang

Keywords


rumah, apartemen, menengah bawah, keputusan pembelian, properti, pengembang

Full Text:

PDF

References


Arleflanto, D. T. (2011). "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Apartemen Metropolis di Surabaya." Unpublished Postgraduate Thesis. Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya. Surabaya.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Binakarya Jaya Abadi. (2015). Annual Report 2015, Binakarya, Jakarta.

Bhattacharya, G., dan Johnson, R. (1996). Statistics - Principles And Methods, third edition, John Wiley and Sons, Wisconsin.

Cheng, F. dan Cheok, J. (2008). "Importance of Branding for Property Developers in Malaysia." Sunway Academic Journal Vol. 5, No. 1, 65-81.

Erawan, A. (2015). "Kelas Menengah Masih Dominasi Pasar Perumahan Jabodetabek." Allproperty Media, Electronic Working Paper, (Maret 23, 2017)

Faqih, M., Putri, D. A., dan Setijanti, P. (2016). "Consumer's Decision Making to Invest on Condominium and Housing at East Surabaya, Indonesia." International Journal of Education and Research Vol. 4, No. 1, 111-122.

Ibrahim, A. (2016). "Bank Indonesia: Kecepatan Menjual Properti di Surabaya Melambat." Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Electronic Working Paper, (Februari 16, 2017)

Keputusan Menteri Keuangan (1996), tentang Tata Cara Pembayaran Pajak Penghasilan Nomor: 393/KMK.04/1996. Menteri Keuangan, Jakarta.

Keputusan Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah (2003), tentang Pengadaan Perumahan dan Permukiman dengan Dukungan Fasilitas Subsidi Perumahan Nomor: 24/KPTS/M/2003. Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta.

Katili, P., Stiawan, H., dan Nugroho, B. (2016). "Pengaruh Brand Image Dan Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Rumah." Unpublished Postgraduate Thesis. Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten.

Khoirudin, M. (2013). Trik Membeli Rumah dan Apartemen Untuk Hunian Dan Investasi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kwanda, T., Rahardjo, J., dan Wibowo, B. R. (2003). "Analisis Kepuasan Penghuni Rumah Sederhana Tipe 36 di Kawasan Sidoarjo Bedasarkan Faktor Kualitas Bangunan, Lokasi, Desain, Sarana dan Prasarana." Dimensi Teknik Arsitektur Vol. 31, No. 2, 124-132.

Kyle, R., Baird, F., dan Spodek, M. (2000). Property Management, Dearborn Real Estate Education, Chicago.

Listyorini, S. (2012). "Analisis Faktor - Faktor Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana." Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1, No. 1, 12-24.

Properti Indonesia. (2014). "Tawaran Baru Apartemen Kelas Menengah." Majalah Properti Indonesia, Electronic Working Paper, (Maret 21, 2017)

Rahman, A. (2016). "Tergantung Kelas Menengah." Bisnis Indonesia, Electronic Working Paper, (Maret 23, 2017)

Rusyanto, E. (2016). "Pasar Terbesar Apartemen di Harga Rp 20 Juta/m2." BeritaSatu, Electronic Working Paper, (Maret 23, 2017)

Salama, A. (2006). "Lifestyle Theories Approach for Affordable Housing Research in Saudi Arabia." Emirates Journal for Engineering Research Vol. 11, No. 1, 67-76.

Surendra, D. (2016). "Tren Pembangunan Gedung Vertikal Meningkat." Jawapos, Electronic Working Paper, (Maret 21, 2017)

Widiastuti, E. dan Handayani, S. (2013). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi dengan Menggunakan Analisis Regresi.” Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :