Analisa Faktor dan Diskriminan terhadap Kepuasan Penghuni Apartemen Sekitar Kampus di Surabaya : Studi Kasus Apartemen The Square, High Point dan Metropolis

Nicko Vincent Yuwono(1*),


(1) Magister Teknik Sipil
(*) Corresponding Author

Abstract


Minat pembeli dalam membeli apartemen mahasiswa semakin meningkat setiap tahunnya. Namun, pembangunan apartemen yang meningkat pesat ternyata tidak lepas dari berbagai masalah yang timbul. Berbagai masalah yang timbul ini dikhawatirkan dapat menyebabkan penghuni merasa tidak puas dengan hunian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan penghuni apartemen sekitar kampus di Surabaya. Penelitian dimulai dengan menemukan variabel – variabel penyebab kepuasan berhuni melalui studi literatur yang dilanjutkan dengan proses pembagian kuesioner. Proses analisa data dilakukan dengan analisa deskriptif, analisa kepuasan, analisa cluster dan diakhiri dengan uji diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penghuni merasa puas dengan hunian mereka. Berdasarkan hasil analisa, didapatkan pula bahwa ada hubungan antara status penghuni ( mahasiswa atau non mahasiswa ) terhadap kualitas layanan dan produk. Hasil analisa faktor membuktikan bahwa benar, kelompok faktor kualitas produk dan layanan berpengaruh terhadap kepuasan berhuni.

Keywords


kepuasan huni, produk, layanan, analisa faktor, analisa kepuasan, uji diskriminan, apartemen, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. M. & Parvez, N.(2009). Impact of Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction on Customers Loyalty. ABAC Journal Vol. 29, No. 1 (January-April 2009, pp. 24-38)

Anugrah, T. D. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi (Studi Kasus Pada Pengguna BRT Kota Semarang Koridor II Trayek Terboyo-Sisemut). Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Artiningtyas, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Toko Vulkanisir Ban Top Cool Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Aryani, D. & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Program Studi Ilmu Administrasi Departemen FISIP, Universitas Indonesia.

Charlis, A. A.(2015). Pengaruh Keanekearagaman Produk, Kualitas, Pelayanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen Giant Supermarket Puri Anjasmoro Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Bisnis Apartemen untuk Mahasiswa Semakin Menggiurkan. (2014). Retrieved November 27,2015,from http://properti.kompas.com/read/2014/09/20/140626221/Bisnis. Apartemen.untuk.Mahasiswa.Makin.Menggiurkan.

Dwipurwani, O.(2013). Aplikasi Model Persamaan Struktural (MPS) dalam Menganalisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Loyalitas Penghuni Rumah Susun Mahasiswa Universitas Sriwijaya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 9 November 2013, 199-206.

Garvin, D. A.(1988). Managing Quality: The Strategic and Competitive Edge. The Free Press: New York.

Hanan, M. & Karp, P. (1989). Customer Satisfaction: How to Maximize, Measure, and Market Your Company’s “Ultimate Product”. AMACOM: New York.

Hartanto, A. (2015). Model Pengukuran Kepuasan Pelanggan Perumahan Tipe Bangunan 70-350 m2 di Tiga Perumahan di Surabaya dan Sidoarjo. Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2006). Principles of Marketing 11th ed. Upper Saddle River, N.J.: Pearson Education.

Niebel, B. W. & Draper A, B. (1974). Product Design and Process Engineering. Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha, Ltd.

Pengembangan Analisis Multivariate dengan SPSS 12. (2005). Salemba Infotek: Jakarta.

Putri, M. D. & Yustina, M. (2005). Tingkat Kepuasan Penghuni dalam Menempati Apartemen Sejahtera. Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Supriyanti, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Sutanto, J. A. (2008). Pengaruh Service Quality dan Perceived Value terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Apartemen di Kota Surabaya. Program Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Yuwono, N. V. (2016). Analisa Faktor dan Diskriminan terhadap Kepuasan Penghuni Apartemen Sekitar Kampus di Surabaya : Studi Kasus Apartemen the Square, High Point dan Metropolis. Program Pascasarjana Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :