ANALISA PENGARUSH STRES KERJA, KEPUASAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN KANTOR KONSULTAN PAJAK DI SURABAYA

Johartono Johartono(1*), Retnaningtyas Widuri(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah stres kerja, kepuasan kerja, budaya organisasi, dan komitmen organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap turnover intention karyawan kantor konsultan pajak di Surabaya baik secara parsial maupun secara simultan. Data diperoleh dari kuesioner yang disebar ke 100 responden yang merupakan karyawan kantor konsultan pajak di Surabaya pada bulan Mei 2014. Sebanyak 100 kuesioner kembali dengan keadaan yang lengkap dan dapat diolah. Dengan menggunakan teknik analisa regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara stres kerja dengan turnover intention. Di mana jika stres kerja yang dirasakan karyawan menurun, maka tingkat turnover intention juga bisa jadi akan menurun. Selain itu terdapat hubungan negatif signifikan antara variabel kepuasan kerja, budaya organisasi, dan komitmen organisasi terhadap turnover intention. Semakin tinggi tingkat yang dirasakan karyawan atas kepuasan kerja, budaya organisasi dan keinginan untuk berkomitmen di tempatnya bekerja, maka semakin rendah tingat turnover intention karyawan yang akan terjadi.


Keywords


stres kerja, kepuasan kerja, budaya organisasi, komitmen organisasi

Full Text:

PDF

References


Fah, C.B., Foon, S.Y., Leong, C., dan Osman, S. 2010. An Exploratory Study on Turnover Intention among Private Sector Employees. International Journal of Business and Management, Vol. 5 (8): 57-64.

Fried, Y., Shirom, A., Gilboa, S., dan Cooper, L.C. 2008. The Mediating Effects of Job Satisfaction and Propensity to Leave on Role Stress–Job Performance Relationships: Combining Meta-Analysis and Structural Equation Modeling. International Journal of Stress Management, Vol. 15 (4): 305-328.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (Cetakan IV). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafiah, M. 2014. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Ketidakamanan Kerja (Job Insecurity) dengan Intensi Pindah Kerja (Turnover) Pada Karyawan PT. Buma Desa Suaran Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau. eJournal Psikologi, Vol.1 (3): 303-312.

Khoiroh, M.M. 2012. Tingkat Worker Turnover pada Multinational Companies dan Kaitannya dengan Cultural Adjustment. JESP, Vol. 4 (1): 5-12.

Kreitner dan Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba empat.

Kumar, R., Ramendran, C., dan Yacob, P. 2012. A Study on Turnover Intention in Fast Food Industry: Employees’ Fit to the Organizational Culture and the Important of their Commitment. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 2 (5): 9-42.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Luthans, F. 2006. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Mahdi, Zin, Nor, Sakat, Naim. 2012. The Relationship Between Job Satisfaction and Turnover Intention. American Journal of Applied Sciences, Vol. 9 (9): 1518-1526.

Mangkunegara, P.A. 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manurung, T.M., & Ratnawati, I. 2012. Analisis Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan (Studi Pada Stikes Widya Husada Semarang). Diponegoro Journal Of Management, Vol. 1 (2): 145-157.

Robbins, P. S. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Satyawati, R. N.M., dan Suartana, W.I. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 6 (1): 17-32.

Siagian, P.S. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sidharta, N., dan Margaretha, M. 2011. Dampak Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention: Studi Empiris pada Karyawan Bagian Operator di Salah Satu Perusahaan Garment di Cimahi. Jurnal Manajemen,Vol.10 (2): 129-142.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yücel, I. 2012. Examining the Relationships among Job Satisfaction, Organizational Commitment, and Turnover Intention: An Empirical Study. International Journal of Business a nd Management, Vol. 7 (20): 44-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.