PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI THE SINGHASARI RESORT BATU

Yesaya Djatmiko(1*), Claudia Vega Adartha(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan hotel di Indonesia yang begitu pesat, maka persaingan bisnis perhotelan juga semakin ketat. Dalam kondisi kompetitif, The Singhasari Resort Batu membutuhkan teknik pemasaran untuk bertahan dalam bisnis perhotelan, salah satunya ialah berorientasi pada kepuasan konsumen dengan menggunakan experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate) sebagai strategi pemasaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa : (1) Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen, dan (2) Pengaruh manakah paling dominan dalam dimensi experiential marketing terhadap kepuasan konsumen The Singhasari Resort Batu.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian kausal dengan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diperoleh melalui penyebaran kueisoner kepada 100 konsumen yang pernah menginap di The Singhasari Resort Batu, dengan teknik pengambilan sampel yaitu judgement sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh dimensi experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di The Singhasari Resort Batu serta dimensi think berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen di The Singhasari Resort Batu.

 

Kata Kunci      : Experiential Marketing (Sense, Feel, Think, Act, dan Relate), Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Andreani, F. (2007). Experiential marketing (sebuah pendekatan pemasaran), Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1.

Christian, A., & Dharmayanti, D. (2013). “Pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction dan customer loyalty the light cup di surabaya town square”, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1, No. 2.

Ismayanti. (2010). Pengantar pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana Indonesia

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Prinsip – prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kuo, M.L., Ming, C.C., Pin, L.Z., Lang, T.M., & Lan, L.W. (2009). “Application of experiential marketing strategy to identify factors affecting guest leisure behaviour in taiwan hot-spring hotel”, Wseas Transactions On Business And Economics, Issue 5, Vol. 6.

Megawati, A., & Christiany, P. (2016). “Analisis experiential marketing terhadap kepuasan konsumen vip club di sheraton hotel surabaya”. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Schmitt. (1999). Experiential marketing, how to get customer sense, feel, think, act, relate, to your company and brands. New York: The Free Pres.

Setiaji, S. A. (2013). “Industri hotel: indonesia paling agresif ketiga di asia pasifik”. Diakses melalui http://industri.bisnis.com/

Sriayudha, Y. (2013). “Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen pengguna samsung galaxy tab”. Jurnal Dinamika Manajemen. ISSN:2338–123X, Vol. 1, No. 4

Sugiyono. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Vernawati, D. D., & Dwi, K. (2015). “Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan di heritage coffee batam”. Proceeding 3rdApplied Business and Engineering Conference 2015, ISSN : 2339-2053

Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). “Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan nasabah pada pt bank mandiri cabang medan balai kota”, Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 6, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.