ANALISA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KOMUNIKASI NONVERBAL RESEPSIONIS HOTEL BINTANG LIMA DI SURABAYA

Felicia Ondy(1*), Edgar Eleazar(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen tentang gambaran komunikasi nonverbal resepsionis hotel bintang lima di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Objek dalam penelitian ini adalah komunikasi nonverbal resepsionis hotel bintang lima di Surabaya dan subjeknya adalah konsumen yang pernah melakukan check-in atau check-out di hotel bintang lima di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap komunikasi nonverbal resepsionis hotel bintang lima di Surabaya sudah sangat baik.

 

This study is to reveal customer perception about receptionist’s nonverbal communication at five star hotel in Surabaya. The method of this research is quantitative descriptive. The data analysis used Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The object of this research is receptionist’s nonverbal communication at five star hotel in Surabaya and the subject is customer who have done check-in or check-out at five star hotel in Surabaya. The result of this research is customer perception about receptionist’s nonverbal communication at five star hotel in Surabaya have been very good.


Keywords


Persepsi, Konsumen, Komunikasi, Nonverbal, Resepsionis

Full Text:

PDF

References


Allan, P., & Barbara, P. (2007). Mengungkap perbedaan pikiran pria dan wanita agar sukses membina hubungan. Jakarta Selatan: PT. Cahaya Insan Suci.

Baalbaki, S. (2012). Customer perception of brand equity measurement: A new scale. Published dissertation, University Of North Texas, Denton, Texas.

Bagyono. (2012). Teori & praktik hotel front office. Bandung: CV. Alfabeta.

Buckley, S.G. (2008). Buku pintar bahasa tubuh. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Fatmawati, E. (2010). Pentingnya komunikasi nonverbal saat pustakawan melayani pemustaka. Buletin Sangkakala, ISSN 0216-3609, 10.

Hasan, I. (2006). Analisa data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bukit Aksara.

Janah, M. (2017). Analisa produk cacat dan produk rusak. Unpublished thesis, Universitas Islam Negeri, Surakarta.

Kurniawan, I. (2012). Metodologi penelitian. Tangerang Selatan: Jelajah Nusa.

Mulyana, D. (2005). Komunikasi efektif suatu pendekatan lintas budaya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2012). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (2006). Komunikasi antarbudaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prawitasari, J.E., & Kahn, M.W. (1985). Personality differences and sex similarities in American and Indonesian college students. The Journal of Social Psychology, 125, 703-708.

Ruben, B.D., & Stewart, L.P. (2014). Komunikasi dan perilaku manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soenarno, A. (2006). Front office management. Yogyakarta: CV. Andi.

Allan, P., & Barbara, P. (2007). Mengungkap perbedaan pikiran pria dan wanita agar sukses membina hubungan. Jakarta Selatan: PT. Cahaya Insan Suci.

Baalbaki, S. (2012). Customer perception of brand equity measurement: A new scale. Published dissertation, University Of North Texas, Denton, Texas.

Bagyono. (2012). Teori & praktik hotel front office. Bandung: CV. Alfabeta.

Buckley, S.G. (2008). Buku pintar bahasa tubuh. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Fatmawati, E. (2010). Pentingnya komunikasi nonverbal saat pustakawan melayani pemustaka. Buletin Sangkakala, ISSN 0216-3609, 10.

Hasan, I. (2006). Analisa data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bukit Aksara.

Janah, M. (2017). Analisa produk cacat dan produk rusak. Unpublished thesis, Universitas Islam Negeri, Surakarta.

Kurniawan, I. (2012). Metodologi penelitian. Tangerang Selatan: Jelajah Nusa.

Mulyana, D. (2005). Komunikasi efektif suatu pendekatan lintas budaya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2012). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (2006). Komunikasi antarbudaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prawitasari, J.E., & Kahn, M.W. (1985). Personality differences and sex similarities in American and Indonesian college students. The Journal of Social Psychology, 125, 703-708.

Ruben, B.D., & Stewart, L.P. (2014). Komunikasi dan perilaku manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soenarno, A. (2006). Front office management. Yogyakarta: CV. Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.