ANALISA PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI ONLINE PROMOTION DI STARBUCKS COFFEE SURABAYA

Charles Oktavia Wiranegara(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Purpose:

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer value terhadap online promotion  dan pengaruh online promotion terhadap purchase intention di Starbucks Coffee.

Design/methodologi approach:

        Desain penelitian menggunakan pdendekatan kausal karena menjual hubungan sebab akibat. Variabel penelitian meliputi: satu variabel independen  yaitu customer value (X) dan dua variabel terikat yaitu: online promotion (Y1) dan purchase intention (Y2). Customer value dijual dari tiga indikator, yaitu: harga, fungsi produk, dan tempat yang nyaman. Online promotion dijelaskan dari tiga komponen, yaitu: informasi, persuiasif, dan consumer reminding. Sedangkan purchase intention dijelaskan dari komponen: stimulus, kesadaran, dan pencarian informasi. Pengukuran variabel penelitian menggunakan 5 skala likert. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 sampel. Teknik analisis data menggunakan structural equation model dengan partial least square

Findings:

Tanggapan  konsumen terhadap customer value dari layanan Starbucks Coffee adalah tinggi. Tanggapan konsumen terhadap customer value berpengaruh positif terhadap online promotion. Besaran pengaruh customer value terhadap online promotion adalah 38,5%. Tanggapan  konsumen terhadap online promotion Starbucks Coffee adalah tinggi. Online promotion berpengaruh positif terhadap purchase intention. Besaran pengaruh online promotion terhadap purchase intention adalah 35,9%.

Practical Implication:

        Temuan penelitian membuktikan customer value terbukti berpengaruh positif terhadap online promotion dan online promotion  berpengaruh terhadap purchase intention. Untuk meningkatkan purchase intention, maka manajer          Starbucks Coffee selayaknya terus melakukan evaluasi terhadap online promotion yang telah dilakukan dan untuk menjaga persepsi positif atas online promotion manajer Starbucks Coffee juga terus meningkatkan value dari layanan yang diberikan.

Originality/value :

        Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penetapan strategi promosi berdasarkan persepsi atas value layanan untuk meningkatkan perilaku pembelian konsumen.


Keywords


Customer value, Online promotion, Purchase intention, Kuantitatif, Starbucks Coffee, Partial Least Square

Full Text:

PDF

References


Abou-Moghli, Azzam A., Al-Abdallah, Gaith M. (2012). The Effect of Promotional Mix on Internet Adoption in Jordanian Small and Medium Enterprises. The European Journal June edition vol. 8 no.12.

Arbuckle, J.L. (1994). AMOS. Analysis of Moment Structure. Psychometrica.59, 135-137

Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill

Bearman, B. (2001). Retail Management : A Strategic Approach. New Jersey : Prentice Hall

Cahyo, Endra (2013). Pengaruh Store Atmosphere dan Peer Preasure terhadap Purchase Intention Comedy Kopi Sutos di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No.2

Ferdinand, Augusty (2002). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Managemen. Semarang: BP UNDIP.

Ghozali, I. dan Fuad, 2005. Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos Ver. 5.0,Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair JF., Anderson RE, Tatham RL., & Black WC. (1995)/ Multivariate Data Analysis, Fourth ed. New Jersey: Prentice Hall.

Hao Kui (2013). Students’ Online Purchase intentions at Eight National Univetsity in Beijing, China.

Harris, Lloyd C. & Goode Mark M.H (2010). Online Servicescapes, Trust, and Purchase intentions. Journal of Services Marketing, Vol. 24

Howard, J.A. (1989). Buyer Behavior in Marketing Strategy (2nd edition). New Jersey, Prentice Hall.

Hoyle, Rick H. (1995). Structural Equation Modeling: Concepts, Issues, and Applications. Sage Publications, International Educational and Profesional Publisher, Thousand Oaks, London, New Delhi

Kasali, Rhenald. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmentation, Targeting, Positioning. Jakarta.

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Ed.12. Upper Saddle River, NJ.: PT. Indeks. 2006

Lamb, Charles W. (2004). Marketing 7th ed. Australia

Maholtra, N.K. (2004). Marketing research (4th ed.). Prentice Hall: Pearson Education, Inc

Miller, J.C, Miller, J.N, (1991), Statistics for Analytical Chemistry, John Wiley and Sons, New York

Schnars, S.P. (1998). Marketing Strategy. New York: The Free Press.

Schiffman & Kanuk, Leon G. (2004). Consumer Behaviour 8th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Sunday, Adebisi & Bayode, Babatunde (2011). Strategic Influence of Promotional Mix on Organisation Sale Turnover in the Face of Strong Competitors

Sweeney, J.C. and Soutar, G.N. (2001), Consumer Perceived Value: The Development of A Multiple item Scale, Journal of Retailing, Vol. 77, No. 2, pp. 203-220.

Woodruff, Robert B. (1997). Customer Value: The Next Source for Competitive Advantage. The University of Tennessee

Zeithaml, Valarie A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing Vol. 52


Refbacks

  • There are currently no refbacks.