Pengaruh Brand Identity Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Di UD. Makin Hasil Jember

Elisabeth Stevina(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penurunan suku bunga, populasi meningkat dan ledakan jumlah bangunan mengubah Indonesia menjadi tempat favorit untuk investasi saham property. Salah satu fenomena inilah yang membuat pertumbuhan bisnis properti di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Banyak pelaku bisnis saling berlomba untuk bersaing dalam merebut pasar bahan bangunan di Jawa khususnya di Jember. Untuk mengatasi hal itu, dilakukan penilitian untuk mengetahui pengaruh Brand Identity terhadap Purchase Intention melalui Trust di UD. Makin Hasil Jember. Sampel penelitian yang digunakan adalah 100 orang responden pelanggan UD. Makin Hasil Jember, dan telah berkunjung minimal sekali dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan teknik analisa SEM. Hasil penelitian membuktikan bahwa Brand Identity memiliki pengaruh signifikan terhadap Trust. Lalu Trust memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention tetapi Brand Identity memiliki tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention.

Keywords


Brand Identity, Trust, Purchase Intention, Behaviour Marketing, Customer Behaviour

Full Text:

PDF

References


Aaker DA.& Erich_Brand leadership_Edisi Berilustrasi. Penerbit Free Press,2002

Belch G E, Belch M A (2004), Advertising and Promotion, 6th Edition

Bisnis.com (21 April 2014) “Bisnis perhotelan: Pertumbuhan Hotel Di Indonesia” Meningkat"

Busler (2000).The match-up hypothesis:Physical Attractiveness, expertise and the role of fit on brand Attitude, Purchase Intent and Brand Belief.Journal of Advertising.Vol 29

Chaudhuri, A. & Holbrook, M.B. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty. Journal of Marketing. (65) 2:81-93.

Darsono, I.I. (2008). Hubungan perceived service quality dan loyalitas: Peran trust dan satisfaction sebagai mediator. The 2nd National Confrence UKWMS. Surabaya.

Detikfinance.com (21 Febuary 2013) "Pasar Property di Jawa Timur Meleset, Harga Tanah Teruh Naik"

Ghodeswar B.M. (2008), “Building Brand Identity in Competitive Markets: A Conceptual Model”, Journal of Product and Brand Management, Vol. 17 No. 1, pp. 4-12.

Lianda, Filza. (2009). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Mahasiswi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sampo Sunsilk. Thesis S1, Universitas Sumatera Utara, Medan

Malhotra, N. (2004). Riset penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

McKnight et al., 2002. The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal sistem strategi informasi 11

Mowen, John C., and Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Trans.( Lina Salim). Jakarta: Erlangga.

SWA.co.id (16 januari 2015) "Investasi Propertyi di 2015 Lebih Menggiurkan"

Roberto Simoes, (2005), “DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS Teori dan Praktik” (Jakarta: PT Grasindo)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.