Outcomes of Relationship Sekolah Ciputra Surabaya dengan Orang Tua Murid

Weana Rumimpunu(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat hasil dari relasi yang terjalin antara public relations Sekolah Ciputra Surabaya, yang tergabung dalam departemen Marketing & Communication, dengan salah satu publik kuncinya, yaitu orang tua murid. Penelitian ini dilakukan karena esensi dari public relations adalah hubungan dan mengukur hasil hubungan yang terjalin tidak kalah penting dari mengukur output atau outcomes sebuah kegiatan atau program public relations. Penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana kualitas hubungan yang telah terjalin antara departemen Marketing & Communication dengan orang tua murid dari berbagai jenjang pendidikan, dari toddler sampai diploma. Teori yang digunakan dalam mengukur hasil relasi adalah teori outcomes of relationship yang dikemukakan Grunig dan Hon. Teori tersebut menyatakan relasi dapat diukur dengan 6 komponen, yaitu: control mutuality, trust, commitment, satisfaction, exchange relationship, dan communal relationship. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik pengumpulan data kuisioner, dan jenis penelitian kuantitatif. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas hubungan departemen Marketing & Communication Sekolah Ciputra Surabaya dengan orang tua murid sudah baik, dengan komponen trust memiliki mean tertinggi, yaitu sebesar 4.19, dan exchange relationship memiliki mean terendah, yaitu 2.15.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI