Sikap Mahasiswa Universitas Kristen Petra Mengenai Pesan Kampanye “No Tas Kresek dan No Styrofoam” Dalam Media X-Banner

Christina Octaviani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada tanggal 21 Oktober 2013, Universitas Kristen Petra mencanangkan diri sebagai Green Campus. Program Green Campus sendiri terbagi menjadi lima macam efisiensi yaitu efisiensi kertas, efiensi sampah, efisiensi lahan atau oksigen, efisiensi energi dan efisiensi air. Salah satu efisiensi yang berhubungan dengan penelitian ini yaitu efisiensi sampah, dengan salah satu kampanyenya yaitu gerakan “No Tas Kresek dan No Styrofoam” yang sudah ada sejak 1 Maret 2014. Lalu pada tahun 2016, Universitas Kristen Petra semakin mengukuhkan dengan adanya SK Rektor perihal kantin, café, koperasi, dan toko buku di dalam kampus tidak lagi menyediakan tas kresek dan Styrofoam, dan sekaligus Universitas Kristen Petra mencanangkan diri sebagai kampus bebas tas kresek dan Styrofoam pertama di Indonesia. Dalam menyampaikan kampanye ini, salah satu media yang digunakan oleh Universitas Kristen Petra sebagai komunikator, adalah x-banner yang diletakkan pada kantin-kantin Universitas Kristen Petra. Komunikan dalam penelitian ini mahasiswa Universitas Kristen Petra dengan jumlah total populasi 7446 mahasiswa. Dengan jumlah 100 mahasiswa tersebut, peneliti meminta mahasiswa untuk memberikan pernyataan-pernyataan dalam kuesioner yang telah peneliti buat dibagi menjadi lima indikator yaitu material pendukung, visualisasi pesan, pendeketan kelompok rujukan, sisi pesan dan penyajian kesimpulan yang sehubungan dengan sikap mahasiswa mengenai pesan kampanye “No Tas Kresek dan No Styrofoam” dalam x-banner tersebut. Kuesioner tersebut diberikan kepada mahasiswa dari angkatan 2012 hingga angkatan 2015. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis distribusi frekuensi dan analisis tabulasi silang hasil jawaban mahasiswa yang ada pada kuesioner. Dari hasil kuesioner tersebut dapat ditemukan hasil penelitian yang baik, karena menunjukkan sikap mahasiswa mengenai pesan kampanye “No Tas Kresek dan No Styrofoam” dalam media x-banner adalah positif.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI