STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS GRAND CITY MALL SURABAYA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI EVENT EARTH HOUR 2013

Novilia Tjahyono(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Grand City Mall Surabaya dalam membangun brand awareness melalui event Earth Hour 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi pada saat event dan data-data lain (dokumentasi, data dari Grand City Mall). Peneliti menemukan bahwa Grand City Mall telah melakukan delapan tahapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yakni mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran komunikasi, menetapkan bauran promosi, mengukur hasil promosi, serta mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi Marketing Communications Grand City Mall tidak melakukan riset secara tersturktur dalam mengukur hasil promosi melainkan melalui pengamatan jumlah pengunjung yang datang. Selain itu, evaluasi event juga tidak dilakukan secara formal melainkan hanya bertanya pada beberapa anggota panitia apakah ada keluhan atau kesulitan pada saat acara berlangsung. Dalam hal ini, evaluasi menjadi poin penting bagi Marketing Communications Grand City Mall untuk dijadikan acuan bagi perbaikan event Earth Hour yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya.


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran; Grand City Mall Surabaya; Brand Awareness; Eventh Earth Hour

Full Text:

PDF

References


Chaffey D., & Mayer R., & Johnston K., & Chadwick F.E., (2000). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education

Kennedy, Jhon E. & Soemanagara, R.D. (2006). Marketing communications: Taktik dan strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2006). Marketing Management, 12th Edition. Pearson International Edition, New Jersey: Prentice Hall

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Moleong, L.J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Rev.ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Simandjutak, John. P. (2003). Public Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soemanegara, RD. (2008). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulaksana, Uyung. (2003). Integrated Marketing Communications: Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tuckwell, J. Keith. (2008). Integrated Marketing Communications: Strategic Planning Perspectives. Toronto: Pearson Prentice Hall

Yin, Robert K. (2003). Studi Kasus Desain dan metode. Jakarta : Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI