ANALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN SOSOK BASUKI TJAHAJA PURNAMA (AHOK) DI MEDIA ONLINE

Xena Levina Atmadja(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Isu SARA tidak lepas dari pemberitaan tentang Ahok di media online. Menurut pandangan konstruksionis, berita yang ditulis dalam konteks ini, dikonstruksi oleh wartawan dan dipengaruhi oleh perspektif serta ideologi media. Berdasarkan fenomena di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konstruksi yang dilakukan media online terhadap sosok Ahok sebagai pemimpin politik beretnis Cina. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat isu apa yang ditonjolkan maupun dihilangkan media online dalam membingkai sosok Ahok sebagai pemimpin politik sekaligus pemerintahan masyarakat beretnis Cina.

Peneliti menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman yang memiliki empat elemen framing. Sosok Ahok dikontruksi oleh media online sebagai pemimpin politik sekaligus pemerintahan yang bijaksana dan sudah biasa menghadapi isu SARA. Hal ini dilihat peneliti sebagai bentuk dukungan media online untuk Ahok berkaitan dengan persiapan dirinya bila harus naik menjadi Gubernur DKI Jakarta ketika Jokowi maju menjadi Calon Presiden Republik Indonesia.


Keywords


Analisis Framing; Basuki Tjahaja Purnama (Ahok); Politik; Etnis Cina; Media Online

Full Text:

PDF

References


Entman, R. (1993). Framing : Towards Clarification of A Fractured Paradigm. In Journal of Communication 43 (4), 1993, 51-58.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta : LKiS Yogyakarta.

Granato, Len. (2002). Newspaper Feature Writing. Australia : University of New South Wales Press Ltd.

Kinner, Kelly. (2005, May). Aljazeera.net and BBC.CO.UK : Media Framing of The Darfur Humanitirian Crisis.

Louw, S. (2010). The Media and Political Process. London : Sage Publications Ltd. Retrieved March 4, 2013 from http://books.google.co.id/books?id=QDiqJZZtR7kC&pg=PA64&dq=media+darling&hl= en&sa=X&ei=Vb0sUYeAH4nKrAe06YBg&ved=0CDEQ6AEwAQ#v=onepage&q=med ia%20darling&f=false>

Reese, Stephen D., Gandy, Oscar H. Jr., Grant, August E. (2001). Framing Public Life : Perspectives on Media and Our Understanding of The Social World. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates.

Rich, Caroline. (2010). Writing and Reporting News : A Coaching Method. United States of America : Wadsworth.

Shoemaker, Pamela J. & Reese, Stephen D. (1996). Mediating The Message : Theories of Influences on Mass Media Content 2nd ed. United States of America : Longman Publisher.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Suryadinata, L. (2002). Elections and Politics In Indonesia. Singapore : Institute of Southeast Asian Studies. Retrieved March 20, 2013 from

Suryadinata, L. (2008). Ethnic Chinese in Contemporary Indonesia. Singapore : Institute of Southeast Asian Studies.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI