Pengaruh Pesan Kampanye Penjaga Amanah Gojek Melalui Youtube Terhadap Sikap Masyarakat Surabaya dalam Menggunakan Gojek

Gracelie Lorencia Budiono Putri(1*), Jandy Edipson Luik(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


“Pesan atau message yang dikaitkan dengan kampanye humas merupakan suatu yang perlu disampaikan kepada penerima melalui teknik kampanye atau propaganda tertentu yang berupa ide, gagasan, informasi, aktivitas, atau kegiatan tertentu yang dipublikasikan atau dipromosikan untuk diketahui, dipahami dan dimengerti yang sekaligus diterima oleh publiknya” (Ruslan, 2002, p. 23).

Di era digital ini, penyampaian pesan kampanye dapat dilakukan melalui media baru salah satunya YouTube yang dapat digunakan untuk mempermudah kinerja Public Relations dalam menyebarkan informasi ataupun pesan kampanye kepada publiknya. Hal inilah yang kemudian menjadi perhatian salah satu perusahaan startup terbesar di Indonesia, yakni Gojek. Dimana pada kampanyenya yang bertemakan “Penjaga Amanah” dilakukan dengan menggunakan media YouTube dan terbukti hal ini mampu memberikan pengaruh kepada sikap masyarakat Surabaya dalam menggunakan Gojek.


Keywords


Pengaruh, Pesan Kampanye, Sikap, New Media, YouTube, Go-Jek

Full Text:

PDF

References


Antar Venus, Drs, M.A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2005). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti

Engel, James F. Roger D. Blackwell dan Paul W Miniard. (2006). Perilaku Konsumen, (Alih Bahasa Budi Janto), Jilid I, Edisi Keenam. Jakarta Barat : Binarupa Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. (2004). Developmenral Psychology. Jakarta: Erlangga

Ruslan, Rosady. (2002). Manajemen Humas dan Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Papalia, dkk. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. (2008). Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI