Analisis Isi Electronic Word of Mouth Pada Akun Instagram Tous Les Jours Indonesia

Cindy Monica(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk melihat dan menggambarkan bagaimana proses komunikasi pemasaran berupa pesan dan eWOM yang terjadi pada akun instagram Tous Les Jours Indonesia (@touslesjoursid) melalui metode analisis isi kuantitatif. Instagram diketahui merupakan media sosial berbasis foto yang memiliki fitur promosi dan lebih unggul secara tampilan, sehingga mendukung kegiatan komunikasi pemasaran.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa masa pasca krisis merupakan frekuensi tertinggi dan terjadi peningkatan drastis dari masa sebelum dan saat krisis dalam jumlah posting. Gambaran electronic word of mouth dapat dilihat dari frekuensi tertinggi venting negative feelings yang secara keseluruhan atau per masa sebelum, saat, atau sesudah krisis merupakan dimensi yang paling tinggi jumlahnya. Tema pesan dengan penghasil komentar negatif tertinggi adalah tema pesan aspiration and beliefs, avalanche about to roll dan seasonal/event-related. Tema pesan personalities merupakan tema yang memperoleh likes dan komentar terbanyak, serta merupakan satu-satunya tema yang menghasilkan lebih banyak komentar positif dari komentar negatif.


Keywords


Marketing Public Relations, Electronic Word of Mouth, Instagram, Manajemen Krisis, Analisis Isi

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations

Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Nguyen, James. (2016). How Holiday Marketing Uses Christmas to Get You Buying. Retrieved

June 7, 2020, from https://www.forbes.com/sites/nguyenjames/2016/12/09/holiday-

marketing-demystified-5-psychological-principles

Susanto, Tabitha E. (2016). Pesan dan Respon Dalam Proses Komunikasi Pemasaran Kafe Melalui

Instagram. Journal of Communication. Retrieved February 17, 2020, from http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4830

Thurau, H.T., et al (2004). Electronic Word of Mouth via Consumer Opinion Platform: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 38, 52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI