Motif dan Kepuasan Followers dalam Mengikuti Akun @ayutingting92 di Instagram

Anno Domini Muskanan, Lady Joanne Tjahyana, Agusly Irawan Aritonang

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada teori Uses and Gratification yang menurut Palmgreen terdapat Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Peneliti menggunakan 3 indikator milik Tarakci & Yenicikti yaitu: sharing/communication, social escape, dan information. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengikuti akun @ayutingting92 di Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya adalah onlline survey. Hasil temuannya indikator sharing/commmunication adalah yang paling memuaskan followers akun @ayutingting92 di Instagram dan generasi Y memiliki motif dan kepuasan yang tinggi.


Keywords


Motif, Kepuasan, Instagram, Media sosial

Full Text:

PDF

References


Amanah, Fathul (2016, November 23) 7 Instagram Seleb Indonesia yang Dibanjiri Lebih Banyak Haters daripada Fans. www.tribunnews.com

APJII (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Penggunaa Internet Indonesia: 2017 Survey. Jakarta: APJII

Atmoko, Bambang. (2012). Instagram Handbook.Jakarta : Media Kita.

Bohang, Fatimah (2017, Juli 26) 5 Pengguna Instagram dengan Followers Terbanyak di Indonesia. www.kompas.com

Kriyantono, Rachmat. (2009). Riset Komunikasi. Diesertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Prenada Media Group

Pertiwi, Wahyunanda (2019, Juni 18) Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. www.kompas.com

Pratama, Indra B. (2017). Etnografi Dunia Maya Internet. Malang: Penerbit UB Press

Ratnasari, Elise. (2017, Maret 7) Media Sosial Justru Membuat Orang Semakin Kesepian. www.cnnindonesia.com

Ruben, Brent D & Stewart, Lea P. (2013) Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers

Ruggiero,Thomas E. (2000). Uses and Gratifications Theory in the 21st Century Mass Communication & society 3(1), 3-37: University of Texas at El Paso.

Setyaningsih, Lilis. (2017, Juli 26) Warga Pengguna Aktif Instagram di Indonesia capai 45 juta terbesar di Asia Pasifik. www.tribunnews.com

Tarakci & Yenicikti. (2016). Instagram In The Context of The Uses And Gratifications Approach : Selcuk university example. Turkey : Selcuk University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI