Motif dan kepuasan followers Lambe Turah dalam Mendapatkan Informasi pada Akun @lambe_turah di Instagram

Gabrielle Twozzy Galih Ananta, Chory Angela Wijayanti, Agusly Irawan Aritonang

Abstract


Uses and gratifications tidak melihat yang dilakukan media terhadap khalayak, tetapi apa yang dilakukan orang terhadap media. Khalayak saat ini justru lebih mengarah ke media sosial untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui motif dan kepuasan followers Lambe Turah dalam mendapatkan informasi pada akun @lambe_turah di Instagram. Maka dari itu melalui penelitian ini dapat mencari informasi yang didapat followers pada Lambe Turah.

Penelitian ini menggunakan metode online survey, pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini menggunakan sampel followers Lambe Turah dengan kriteria jenis kelamin, usia 20-34 tahun, pendidikan terakhir, profesi, dan lama mengakses. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Peneliti menggunakan tiga indikator uses and gratifications for new media menurut Yeniçıktı, N. T. & Tarakcı, N. (2016) yaitu share/communication, social escape, dan information.

Hasil penelitian dari tiga indikator yang memiliki hasil tertinggi terdapat pada indikator information, dengan kesenjangan tertinggi dibanding dengan share/communication dan social escape. Secara keseluruhan hasil analisis data gratifications sought lebih kecil dari gratifications obtained. Dapat diartikan bahwa followers mendapatkan kepuasan yang lebih dari motif.


Keywords


Motif, Kepuasan, Followers, Lambe Turah, Instagram

Full Text:

PDF

References


Asia, D. N. (2017, Mei 29). Most Indonesian smartphone users dissatisfied with default browsers. Digital News Asia. Retrieved 7 Juni, 2019, from https://www.digitalnewsasia.com/mobility/most-indonesian-smartphone-users-dissatisfied-default-browsers

Burhan Bungin.2006.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo.

Instagram explode your business today!. (2013). USA, Lexington: Online Business Buddy.

Juditha, C. (2018, Juni 6). Hegemoni media sosial: Akun gosip Instagram @lambe_turah. Puslitbang aplikasi informatika dan komuniasi publik. Retrieved Mei 22, 2019, from https://media.neliti.com/media/publications/260982-social-media-hegemony-gosip-instagram-ac-f62f0308.pdf

Kriyantono, R. (2010). Teknis praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Kinanti, W. P. (2017, September 23). Akun gosip Instagram vs infotainment. Wanita.me entertainment. Retrieved Juli 4, 2019, from https://www.wanita.me/akun-gosip-instagram-vs-infotainment/

Kurnia, A. (2017, Juli 2). Analisis wacana pada akun instagram Lambe Turah. Journal Communication Spectrum, 4(2), 154-155.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan riset media siber: Cibermedia (1st ed.). Jakarta: Kencana.Nurudin. (2009). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurudin. (2015). Information and communication technology, dan literasi media digital. Yogyakarta: ASPIKOM dan Buku Litera.

Studi Kasus Pemirsa Digital dengan Pemirsa Televisi dan Media Cetak Ketepatan On-Target Audience Membantu Para Pelaku Industri di Media Digital. (n.d). Retrieved April 14, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-room/2018/promosi-digital-lebih-akurat-dengan-nielsen-digital-adratings.print.html

Sumadiria, H. (2014). Sosiologi komunikasi massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tarakcı, N. & Yeniçıktı, N., T. (2016). Instagram in the context of the uses and gratifications approach. Selcuk University, Turkey.

Withing, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: A uses and gratifications approach. Commentary Paper 16(4), 363-364. Retrieved 10 Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Depok

Yusra, Y. (2016, Januari 15). Riset TNS: Generasi terpelajar dominasi pengguna Instagram di Indonesia. Daily social. Retrieved Juni 21, 2019, from https://dailysocial.id/post/riset-tns-generasi-terpelajar-dominasi-pengguna-instagram-di-indonesia

Yusup, P. M., & Subekti, P. (2010). Teori dan praktik penelusuran informasi: information retrieval. Jakarta: Kencana Pernada Media Group

Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Depok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI