Citra Siloam Hospitals Surabaya di Mata Pengunjung Unit Medical Check Up

Nathania Ennita Hiuwanto(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Monica Rusdianto(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Citra perusahaan merupakan tujuan paling mendasar dari kinerja praktisi Public Relations yang terbentuk melalui pengalaman dan persepsi ketika mengunjungi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi citra Siloam Hospitals Surabaya dimata pengunjung. Pengukuran citra dilakukan berdasarkan lima indikator pengukur citra yaitu Primary Impression, Familiarity, Perception, Preference, dan Position. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei, sehingga pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode pengolahan data dilakukan dengan menguji validitas, reliabilitas dan frekuensi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Dari hasil penelitian diketahui bahwa gambaran citra Siloam Hospitals Surabaya yang terbentuk di benak pengunjung unit Medical Check Up bersifat positif, di mana indikator citra paling tinggi adalah Primary Impression dengan skor rata-rata sebesar 4,14 dan paling rendah adalah Position dengan skor rata-rata sebesar 3,59. Untuk perolehan skor rata-rata indikator lain diketahui berjumlah 4,12 untuk indikator Familiarity, 4,09 untuk Preference, dan 3,92 untuk Perception.


Keywords


Citra perusahaan, Siloam Hospitals Surabaya, kepuasan pengunjung, Medical Check Up

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2011). Handbook of public relations : pengantar komprehensif (3rd ed.). Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Lippo Group. (2019, Januari 6). Diambil kembali dari Lippo Group: https://lippogroup.com/businesses/healthcare/

Rahajeng, P. I., Hendrartini, J., & Widyaningsih, Y. A. (2010). Citra Rumah Sakit Balimed Denpasar. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 13 No.1 Maret, 47-54.

Rakhmat, J. (2009). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2006). Metode penelitian public relations & komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sari, T. (2010). Citra Rumah Sakit Harapan Jayakarta Pada Unit Rawat Jalan. Kajian Administrasi Rumah Sakit, 1-123.

Siloam Hospitals Group. (2019, Januari 10). Diambil kembali dari Siloam Hospitals: https://www.siloamhospitals.com/hospitals-and-clinics/hospitals/siloam-hospitals-surabaya/health-screening

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2008). Metode penelitian survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007). Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Theaker, A. (2001). The public relations handbook. London & New York: Rouldtledge.

Tjoanda, F. (2016). Citra KVH Specialy Coffee Shop di Mata Konsumen. Skripsi No.10011210/KOM/2016, 103.

Vos, M., & Schoemaker, H. (2006). Monitoring public perception of organizations. Den Haag: Boom Onderwijs.

Wasesa, S.A., & Macnamara, J. (2010). Strategi public relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wilcox, D., & Cameron, G. (2012). Public relations : Strategies and tactics. Boston: Pearson Education.

Yulianita, N. (2007). Dasar-dasar public relations. Bandung : PT. LPPM UNISBA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI