Strategi Impression Management Grace Natalie sebagai Pemimpin Partai Politik melalui Akun Instagram @Gracenat

Clarissa Angela Chionardes, Gatut Priyowidodo, Monica Rusdianto

Abstract


mpression management atau manajemen kesan adalah perangkat yang digunakan untuk menciptakan persona tertentu dengan maksud untuk mempengaruhi persepsi atau citra diri kita terhadap orang lain. Dalam memasuki tahun politik 2019, baik disadari maupun tidak, setiap aktor politik melakukan impression management dalam menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk menampilkan presentasi dirinya, termasuk Grace Natalie sebagai pemimpin partai politik. Peneliti ingin mengetahui strategi impression management Grace Natalie sebagai pemimpin partai politik melalui akun Instagram @Gracenat selama masa Festival 11 diadakan, yaitu 11 November 2018 hingga 11 April 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Peneliti melakukan koding terhadap pesan verbal yang ada di dalam foto dan video beserta caption dari 95 post yang diunggah dalam Instagram @Gracenat. Adapun strategi impression management yang digunakan adalah strategi impression management dari Jones dan Pittman (1982), meliputi: ingratiation, intimidation, self-promotion, exemplification, dan supplication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling sering ditampilkan oleh Grace Natalie adalah strategi exemplification, dimana ia ingin mendapatkan kesan sebagai pemimpin partai politik yang berintegritas dan layak secara moral. Strategi ini secara dominan ditunjukkan melalui sub-indikator tindakan untuk kepentingan masyarakat. Sehingga, hal ini sesuai dengan tujuan utama seorang pemimpin untuk melayani kepentingan mereka yang dipimpinnya.


Keywords


Strategi Impression Management, Pemimpin Partai Politik, Grace Natalie, Instagram

Full Text:

PDF

References


Azmi, K. (2017). Pengelolaan Kesan Calon Gubernur Banten “Wahidin Halim” pada Media Online Twitter dan Facebook. Communication, 8(2), 64-87.

Bolino, M.C., & Turnley, W. H. (1999). Measuring Impression Management in Organizations: A Scale Development Based on the Jones and Pittman Taxonomy. Organizational Research Methods, 2(2), 187-206.

Bozeman, D.P., & Kazmar, K. M. (1997). A Cybernetic Model of Impression Management Processes in Organizations. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 69(1), 9-30.

Di Balik Grace Natalie. (2018, February 22). Pinterpolitik.com. Retrieved March 14, 2019 from https://pinterpolitik.com/di-balik-grace-natalie/

Eriyanto. (2011). Analisis Isi. Jakarta: Kencana.

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana.

Facebook Ditinggal Generasi Milenial, Youtube & Instagram Jadi Terpopuler. (2018, June 2). Okezone.com. Retrieved March 14, 2019 from https://techno.okezone.com/read/2018/06/02/207/1905652/facebook-ditinggal-generasi-milenial-youtube-instagram-jadi-terpopuler

Gilman, H. R., & Stokes, E. (2014). The Civic and Political Participation of Millennials. Millennials Rising. Retrieved from http://www.newamerica.org

Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. New York: Doubleday Anchor.

Heryanto, G. G., & Zarkasy, I. (2012). Public Relations Politik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Holsti, O. R. (1969). Content Analysis for the Social Science and Humanities. Massachusetts: Addison-Westley Publishing.

Jones, E.E., & Pittman, T.S. (1982). Toward a general theory of strategic Self-presentation. In J. Suls (Ed.), Psychological Perspectives on the Self, 1, 231-262. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.

Krippendorff, K. (1993). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, R. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Patria, K. Y. (2017). Manajemen Kesan dalam Media Sosial. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from eprints.ums.ac.id/59074/3/NASKAH%20PUBLIKASI%20FX.pdf

Rumanti, M. A. (2002). Dasar-dasar Public Relations. Jakarta: PT Grasindo.

Siedharta, I. (2017). Strategi Impression Management Presiden Joko Widodo melalui Komunikasi Program Prioritas Pemerintah dalam Akun Youtube “Presiden Joko Widodo”. Jurnal Scriptura, 7(1), 17-26.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Soemirat, S. & Ardianto, E. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.

Solikin, Fatchurahman, & Supardi. (2017). Pemimpin yang Melayani dalam Membangun Bangsa yang Mandiri. Anterior Jurnal, 16(2), 90-103.

Strömbäck, J., & Kiousis, S. (2011). Political Public Relations. New York: Routledge.

Survei CPCS: PSI Partai Baru Paling Gencar Sosialisasi di Musim Kampanye. (2019, March 6). Liputan6.com. Retrieved March 20, 2019 from https://www.liputan6.com/news/read/3910362/survei-cpcs-psi-partai-baru-paling-gencar-sosialisasi-di-musim-kampanye

Uhlir, J. L. (2016). Social Comparison and Self Presentation on Social Media as Predictors of Depressive Symptoms. Scripps Senior Theses. Paper 756. Retrieved from http://scholarship.claremont.edu/scr ipps_theses/756

Yuliani, P. A. (2018, April 8). Persaingan Pemilu 2019 Diprediksi Lebih Keras. Media Indonesia. Retrieved March 18, 2019 from http://mediaindonesia.com/read/detail/153861-persaingan-pemilu-2019-diprediksi-lebih-keras


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI