Sikap Pemirsa Televisi Terhadap Penggunaan Celebrity Endorser Agnez Mo Dalam Iklan Sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam iklan, selebriti digunakan sebagai juru bicara merek agar cepat melekat di benak konsumen dan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang didukung. Agnez Mo adalah selebriti yang popular sebagai penyanyi yang sudah berprestasi di dunia internasional. Unilever Indonesia memilih Agnez Mo sebagai celebrity endorser dalam iklan sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sikap pemirsa televisi terhadap penggunaan celebrity endorser Agnez Mo dalam iklan sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”. Peneliti ingin melihat sikap responden dari komponen kognitif, afektif dan konatif terhadap masing-masing karakteristik celebrity endorser TEARS dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei menggunakan kuesioner. Karakteristik celebrity endorser menurut model TEARS terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, similarity. Hasil penelitian menunjukkan sikap positif dimana responden mengetahui dan menyukai karakteristik celebrity endorser Agnez Mo tetapi tidak menimbulkan kecenderungan ingin membeli. Tingkat pengetahuan responden terhadap Agnez Mo dikarenakan terpaan media yang marak memberitakan Agnez Mo. Masyarakat menyukai Agnez Mo karena kagum akan kualitas pribadi dan prestasinya di dunia internasional. Kecenderungan masyarakat untuk membeli produk sampo Clear tidak disebabkan oleh penggunaan Agnez Mo sebagai celebrity endorser.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnez Mo Ungkap Tantangan Berkarier di Amerika Serikat. (2019, March 24). Tabloit Bintang. Retrieved from https://www.tabloidbintang.com/berita/sosok/read/126085/agnez-mo-ungkap-tantangan-berkarier-di-amerika-serikat
Azwar, S. (2000). Sikap manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Azwar, S. (2011). Penyusunan skala psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
CLEAR #SikatHabis. (n.d.). Retrieved from https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2018/clear-anti-setengah-setengah-club.html
Ferdian, F. (2014, June 04). 4 Alasan untuk Menyukai Agnes Monica. Retrieved from https://www.liputan6.com/showbiz/read/2058644/4-alasan-untuk-menyukai-agnes-monica
Royan, Frans M. (2005). Marketing Selebritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Shimp, A. Terrence. (2003). Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu: 5th edition. Jakarta: Erlangga
Shimp, A. Terrence. (2010). Advertising, Promotion, & other Aspects Of Intergrated Marketing Communications: 8th edition. South- Western: Cengage Learning
Wicaksono. (2018, September 28). Sikat Habis Ketombe dengan CLEAR Generasi Baru. Retrieved from https://marketing.co.id/sikat-habis-ketombe-dengan-clear-generasi-baru/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI