Sikap Pemirsa Televisi Terhadap Penggunaan Celebrity Endorser Agnez Mo Dalam Iklan Sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”

Yonathan Kurniawan, Amelia Sidik, Felicia Goenawan

Abstract


Dalam iklan, selebriti digunakan sebagai juru bicara merek agar cepat melekat di benak konsumen dan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang didukung. Agnez Mo adalah selebriti yang popular sebagai penyanyi yang sudah berprestasi di dunia internasional. Unilever Indonesia memilih Agnez Mo sebagai celebrity endorser dalam iklan sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sikap pemirsa televisi terhadap penggunaan celebrity endorser Agnez Mo dalam iklan sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”. Peneliti ingin melihat sikap responden dari komponen kognitif, afektif dan konatif terhadap masing-masing karakteristik celebrity endorser TEARS dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei menggunakan kuesioner. Karakteristik celebrity endorser menurut model TEARS terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, similarity. Hasil penelitian menunjukkan sikap positif dimana responden mengetahui dan menyukai karakteristik celebrity endorser Agnez Mo tetapi tidak menimbulkan kecenderungan ingin membeli. Tingkat pengetahuan responden terhadap Agnez Mo dikarenakan terpaan media yang marak memberitakan Agnez Mo. Masyarakat menyukai Agnez Mo karena kagum akan kualitas pribadi dan prestasinya di dunia internasional. Kecenderungan masyarakat untuk membeli produk sampo Clear tidak disebabkan oleh penggunaan Agnez Mo sebagai celebrity endorser.


Keywords


Sikap, celebrity endorser, Agnez Mo, Iklan

Full Text:

PDF

References


Agnez Mo Ungkap Tantangan Berkarier di Amerika Serikat. (2019, March 24). Tabloit Bintang. Retrieved from https://www.tabloidbintang.com/berita/sosok/read/126085/agnez-mo-ungkap-tantangan-berkarier-di-amerika-serikat

Azwar, S. (2000). Sikap manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2011). Penyusunan skala psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

CLEAR #SikatHabis. (n.d.). Retrieved from https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2018/clear-anti-setengah-setengah-club.html

Ferdian, F. (2014, June 04). 4 Alasan untuk Menyukai Agnes Monica. Retrieved from https://www.liputan6.com/showbiz/read/2058644/4-alasan-untuk-menyukai-agnes-monica

Royan, Frans M. (2005). Marketing Selebritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Shimp, A. Terrence. (2003). Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu: 5th edition. Jakarta: Erlangga

Shimp, A. Terrence. (2010). Advertising, Promotion, & other Aspects Of Intergrated Marketing Communications: 8th edition. South- Western: Cengage Learning

Wicaksono. (2018, September 28). Sikat Habis Ketombe dengan CLEAR Generasi Baru. Retrieved from https://marketing.co.id/sikat-habis-ketombe-dengan-clear-generasi-baru/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI