Komunikasi Keluarga Dalam Mengatur Penggunaan Gawai Pada Anaknya
(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi orang tua dalam mengatur penggunaan gawai pada anaknya. Bagaimana mengimplementasikan aturan yang diberikan dan mengatasi anak yang mengalami ketergantungan terhadap gawai. Dalam hal ini, dipilih 2 keluarga, yaitu keluarga A dan keluarga B. Anak dari keluarga A mengalami ketergantungan bermain gawai. Sedangkan dalam keluarga B anaknya tidak mengalami ketergantungan gawai. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam pelaksanaanya, teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pola komunikasi keluarga, aturan keluarga yang terkait dengan kekuasaan, Komunikasi orang tua dan anak dan asumsi aturan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kedua keluarga, keluarga A dan keluarga B memiliki pola asuh dan pola komunikasi yang berbeda. Dalam keluarga A, komunikasi dalam pemberian aturan diterapkan secara verbal tanpa sentuhan fisik dan kehangatan dari orang tua. Sedangkan di keluarga B, kehangatan dan hubungan adalah hal pertama yang harus dicapai. Perbedaan ini yang menyebabkan hasil dari aturan untuk sang anak berbeda. Selain itu dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa hubungan orang tua dan anak sangat berpengaruh bagi berjalannya dan hasil dari aturan yang dijalankan dalam sebuah keluarga.
Keywords
References
Chris,Segrin. & Jeanne,Flora. (2005). Family Communication” London: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher Mahwah, New Jersey
Dedy, Mulyana. (2000). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung:Remaja Rosadakarya
Devito, Joseph. (1997). Human Communication. New York: Harper Collinc DeVito, Joseph.(2009). The Interpersonal Communication 12th edition.
United States of America: Pearson education International Book
Devito, Joseph. (2013). “Interpersonal Messages”.English: Pearson Education Dedi, Hendrian, Komisi Perlindungan Anak Indonesia/ KPAI, 23 Januari 2018,Baru dibuka 2 hari, KPAI sudah terima 10 laporan anak kecanduan
Gawai
Hurlock, E. B. (1981) Child Development, Sixth Edition. Mc. Graw Hill Kogakusha International Student
Inda Lestari, Agus Wahyudi Riana, & Budi M.Taftarzani.(2015). Pengaruh
gadget pada interaksi sosial dalam keluarga. Jurnal Universtas Padjajaran, Vol 2, No 2
Kathleen, M, Galvin & Carma L, Blyund & Bernard J, Brommel (2000)
Family Communication cohesion and change seventh Edition. Pearson Education. Inc.
Kriyantono, Rachmat,( 2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada
Moleong, Lexy J. (2013).Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Prof. dr. Jurka, Lepičnik, Vodopivec. (2014). The Information Communication
technology in the home environment of four year old pre-school children (JPMNT) Journal of Process Management – New Technologies, International Vol. 2, No.1, 2014. Faculty of Education – University of Primorska
Thomas J. Socha & Glen H. Stamp. (2009).Parents and Children Communicating with Society. New York:Routledge
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI