Tingkat Pengetahuan Pemilih Pemula Terhadap Corporate Identity Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Di Surabaya

Yoel Setiawan Danusaputra, Gatut Priyowidodo, Astri Yogatama

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan pemilih pemula terhadap corporate identity Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di Surabaya. Partai Perindo adalah partai baru yang gencar melakukan kampanye di MNC grup karena pendiri dan ketua umum Perindo adalah Hary Tanoesoedibjo yang memiliki jaringan media MNC grup (RCTI, MNC TV, Global TV, iNews TV). Selain itu, Perindo melakukan berbagai cara dalam berkampanye untuk menyampaikan dan memperkenalkan tujuan, visi-misi, identitas partai, caleg partai dan beberapa program unggulan dan non-unggulan partai dalam menarik dukungan suara pemilih pemula. Terdapat tiga atribut dalam corporate identity yang dikomunikasikan ke publik, yaitu komunikasi, perilaku dan simbol/lambang. Namun, ada beberapa hal yang membuat tidak semua medium yang digunakan dalam melakukan kampanye itu efektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan skala Likert untuk mengukur sikap, pendapat, persepsi seseorang mengenai corporate identity Perindo. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan pemilih pemula terhadap masing-masing indikator corporate identity Partai Perindo tergolong sedang meskipun Perindo aktif dalam menayangkan iklan mars Perindo di televisi.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Identitas Korporat, Partai Perindo, Pemilih Pemula.

References


BUKU

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cornelissen, Joep. (2014). Corporate Communication: A Guide to Theory & Practice (4th

Edition). California: SAGE Publications.

Engel, James F., Blackwell & Miniard. (1994). Perilaku Konsumen (Eight Edition). United State

of America: The Dryden Press Harcourt Brace College PublisheNimmo, Dan. (2009). Komunikasi Politik (Komunikator, Pesan, dan Media). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priyowidodo, G., Swestin G., & Vidyarini, Titi N. (2015). Komunikasi Politik Resolusi Konflik Pada Organisasi Politik. Penerbit: ANDI Yogtakarta.

Siebert, L., Ballard, L. (1992). Making a good layout. Ohio, Cincinnati.

Singarimbun, Masri. (2006). Metode Penelitian Survai Edisi Revisi, Cetakan 18. Jakarta: LP3ES.

Stromback, Jesper & Spiro, Kiousis. (2011). Political Public Relations: Principles and Application. New York: Routledge.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Van Riel, Cees B.M., & Fombrun, C. J. (2007). Essentials of corporate communication

implementing practices for effective reputation management. Routledge.

Wahid, Umaimah. (2016). Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

JURNAL

Baiquni, Adi. (2009). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Iklan Politik Televisi Terhadap Sikap Politik Pemilih Pemula di Kecamatan Klojen Kota Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Noor, Reza Muhammad. (2017). Pengaruh Terpaan Iklan Partai Perindo Dan Berita Seputar Partai Perindo Di Televisi Terhadap Persepsi Pemilih Pemula Mengenai Partai Perindo. Surabaya: Universitas Diponegoro (Undip).

Rachmawati, Belinda O.T. (2017). Opini Pemilih Pemula Surabaya terhadap Citra Yang Ditampilkan Pada Iklan Mars Partai Perindo. Surabaya: Universitas Airlangga.

WEBSITE

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190521140658-32-396883/hasil-pahit-bakar-duit- kampanye-perindo-di-televisi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI